Pasien usia 93 tahun dengan luka robek - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,saya ingin bertanya.Saya memiliki pasien lansia umur 93 tahun dengan luka robek dengan panjang kurleb 5 cm dan dalam 1-2 cm pada bagian tepi agak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 93 tahun dengan luka robek

    09 Juli 2021, 18:33

    Alo dokter,saya ingin bertanya.

    Saya memiliki pasien lansia umur 93 tahun dengan luka robek dengan panjang kurleb 5 cm dan dalam 1-2 cm pada bagian tepi agak ke tengah telapak kaki,kemudian saya hecting dan pemberian terapi antibiotik dan anti nyeri.

    Kontrol pertama dan kedua (hari ke 3 dan 5) kluka baik,dan tampak penyatuan dengan baik,namun setelah kontrol kedua,pasien tidak datang kontrol lagi hingga lamanya mencapai 8 hari,dan kemudian datang lagi dengan kondisi luka yang basah (pasien sulit menghindari luka terkena air),bernanah, dan jahitan yg gagal menyatu akibat lama tidak dikontrol,basah dan lembab serta bagian kulit terluar yg hilang..

    Setelah saya rawat luka 2 kali dan ditambahkan dengan soffra-tulle serta antibioik,nanah hilang namun luka masih sdkt basah dan masih belum tampak begitu baik,terapi apa yang sebaiknya saya lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka,mengingat pasien sudah lansia (93 tahun)

    Terima kasih alo dokter

09 Juli 2021, 19:20

Alo dr. Bambang, izin ikut berdiskusi ya Dok, apakah masih melakukan perawatan luka terbuka, Dok? Dan apakah kondisi lukanya sudah mulai menyatu? Cepat lambatnya pemulihan luka memang perlu dinilai dari beberapa faktor ya Dok, usia pasien, penyakit komorbid yang dimiliki, ukuran dan lokasi luka, juga bagaimana perawatan luka nya. Untuk selanjutnya tetap perlu dinilai dahulu perkembangan kondisi lukanya, dan di evaluasi secara berkala serta perlu pemberian edukasi kepada pasien untuk perawatan lukanya tsb.  Berikut beberapa referensi yang mungkin dapat membantu dalam manajemen perawatan luka. 

https://www.alomedika.com/tindakan-medis/bedah-minor/manajemen-luka

https://www.alomedika.com/prinsip-penatalaksanaan-luka-kronik

https://www.who.int/surgery/publications/WoundManagement.pdf

 

Mungkin ada pendapat dari TS lain? Terima kasih.

09 Juli 2021, 19:36
Baik dok..
Bagian atas sudah tidak menyatu dok,benang sudah saya lepas karna mmg tidak menyatu dan kulit bagian atas yg sudah hilang karna lembab dan basah,namun bagian dalam luka sudah menggranulasi sehingga tidak menganga,karna sejatinya tidak terlalu dalam dan saya tidak hecting dalam jg karenany dok..
Betul dok,krna usia pasien yg sudah lansia,namun utk komorbid sdh diperiksa tidak ad dm,hipertensi dll dok.
Baik dok terima kasih banyak masukannya dok