Cara yang tepat untuk merawat luka vulnus ekskoriasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, selamat pagi. Apakah perawatan vulnus ekskoriasi perlu membersihkan krusta pada tepi luka agar hasil bisa maksimal?

Diskusi Dokter

20 Februari 2020, 08:25
dr.Ari Matea
dr.Ari Matea
Dokter Umum
Iya, dibersihkan dahulu menggunakan cairan kristaloid seperti Rl serta diedukasi agar tidak terkena air ketika mandi serta kontrol rutin 2-3 hari sekali untuk perawatan luka
20 Februari 2020, 18:54
dr.Randy
dr.Randy
Dokter Umum
Terima kasih dok
29 Februari 2020, 10:11
Terima kasih Dokter mohon izin koreksi untuk pembersihan luka sebaiknya menggunakan cairan fisiologis seperti NaCl 0,9%. Terima kasih Dokter
29 Februari 2020, 10:40
Sangat bermanfaat dok
20 Februari 2020, 09:43
Setuju. karena pada dasarnya krusta merupakan lesi sekunder akibat perlakuan luka yang kurang baik, sehingga hal tersebut dapat memperhambat pemulihan luka dan menghambat penetrasi obat topikal yang diberikan. Sebaiknya hindari pembersihan krusta secara paksa karena akan memperluas luka disekitarnya, apabila dirasa krusta cukup sulit dibersihkan dapat dilakukan kompres dahulu dengan cairan normal saline.
20 Februari 2020, 18:54
dr.Randy
dr.Randy
Dokter Umum
Terimakasih dok
20 Februari 2020, 10:14
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter Randy!

Untuk vulnus ekskoriasi, supaya hasil penyembuhan luka bisa maksimal, seluruh bagian luka perlu dibersihkan karena kotoran yang tersisa pada luka akan mengganggu penyembuhan luka. Lalu benar seperti yg disampaikan dr. Steven, krusta tidak boleh diangkat secara paksa dan cukup dibersihkan saja.

20 Februari 2020, 18:54
dr.Randy
dr.Randy
Dokter Umum
Terimakasih dok
20 Februari 2020, 11:00
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
dr. Monalisa Manik, MKed, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Saran perawatan luka dengan mengompres dg cairan NaCl selama 15-20 mnt pagi siang dan malam..lalu setelah dikompres dioles dengan salep antibiotik.
20 Februari 2020, 18:55
dr.Randy
dr.Randy
Dokter Umum
Terimakasih dok 
21 Februari 2020, 10:21

Alodok, izin menambahkan ya dok

Saya setuju dengan pendapat dokter'' diatas. Untuk larutan yang dapat digunakan dalam pemebrsihan luka bisa berupa normal saline (NaCl 0,9%), air steril ataupun antiseptik cair (jarang digunakan, bersifat sitotoksik beberapa). Penggunaan antibitiok topikal  juga disarankan pada luka pasien tsb mengingat lukanya kotor dan basah, prinsip penanganan luka cenderung basah adalah "keringkan" dengan teknik dressing yang juga dapat mencegah masuknya kuman dari luar. Setelah luka tampak kering, kemudian baru kita terapkan prinsip "Moisten It" dengan menggunakan bahan moisture pada luka dengan tujuan penyembuhan luka yang cepat dan optimal

CMIIW

Sumber : https://www.woundscanada.ca/docman/public/health-care-professional/bpr-workshop/165-wc-bpr-prevention-and-management-of-wounds/file

28 Februari 2020, 21:41
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
dr.Nurliati Sari Handini,SpBP-RE
Dokter Spesialis Bedah Plastik
Alodokter!

Izin ikut berdiskusi ya.
Luka ekskoriasi perlu dibersihkan segera dlm 1 x 24 jam pasca trauma utk menghindari terjadinya dust tattoo di kemudian hari.
Caranya cukup mudah. Gunakan anestesi (topikal/infiltrasi/blok), lalu gosok luka ekskoriasi dng kassa lembab NaCl 0.9% dan jika ada dpt menggunakan sabun chlorhexidine.
Gosok hingga debris bersih dan didapatkan area dng bintik2 perdarahan.

Setelah itu luka dapat dirawat terbuka dng tulle dan ointment yg dioles tiap 6 jam atau dpt juga ditambahkan absorbent dressing (paling sederhana dng kassa steril atau alternatif lain dng foam dressing). 

Area yg telah mengalami epitelisasi akan mudah dikenali pada area luka di mana tulle sdh mudah terlepas. Tulle yg lepas ini bisa digunting, sedangkan tulle yg msh melekat bisa dipertahankan dan tetap rutin dioles ointment di atas tulle. 

Setelah epitelisasi sempurna, jangan lupa cegah parut luka abnormal dng silicon gel/silicon gel sheet atau pressure garment/dressing, tergantung lokasi luka dan pertimbangkan juga kepatuhan pasien.
Menjaga kelembaban dng lotion dan sunblock juga penting dalam mendapatkan parut luka yg semakin samar dan tetap rata.

Semoga infonya bermanfaat.
01 Maret 2020, 15:30
Terima kasih ilmunya dok
01 Maret 2020, 15:39
Ijin bertanya dokter, apakah boleh dressing luka dengan kassa yg direndam madu manuka untuk luka ekskoriasi? Setahu saya masih ada juga yang meresepkan salp gentamycin untuk luka semacam itu dok, apakah sebaiknya bacitracin powder atau madu saja? Terimakasih sebelumnya dok
29 Februari 2020, 23:20
Mantapp dok..đź‘Ť