Proses penyembuhan luka operasi yang tidak membaik pada pasien hernia dan appendicitis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sering banyak yang bertanya pada saya baik online maupun offline ahkir ahkir ìni kenapa luka operasi pada Pasien Hernia dan Appendisitis sukar sembuh....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Proses penyembuhan luka operasi yang tidak membaik pada pasien hernia dan appendicitis

    31 Januari 2020, 22:47

    Sering banyak yang bertanya pada saya baik online maupun offline ahkir ahkir ìni kenapa luka operasi pada Pasien Hernia dan Appendisitis sukar sembuh. (Penyembuhan lebih dari 10 hari, luka masih basah dan bernanah)


    1. Apakah berpengaruh dengan pemberian obat paten dan generik Pasca Operasi? Dari pengalaman teman sejawat apakah berpengaruh perbedaan pemberian obat, misalnya dengan obat paten pasien lebih mudah sembuh?


    2. Sebenarnya berapa lama normalnya penyembuhan luka operasi pada pasien hernia dan appendisitis (usia 30-50 tahun, tanpa riwayat penyakit penyerta)


    3. Jika ada penyakit penyerta, usia lansia di atas 50 tahun, penyembuhan luka operasi kurang lebih berapa hari? Apa saja yang perlu diperhatikan untuk pasien Pasca Operasi tersebut?


    Terimakasih.

01 Februari 2020, 15:53
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

1. Obat paten tidak berbeda efektivitasnya dengan obat generik, kecuali untuk obat-obat dengan indeks terapeutik sempit. Itu juga yg berbeda risiko efek sampingnya yang jauh lebih tinggi. Hal ini tentunya perlu dimengerti oleh Dokter dan justru kita yang bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pasien kita, bahwa obat generik memiliki efektivitas yang serupa.

2. Lama normal penyembuhan luka tidak bisa digeneralisir.. Sebelumnya tentunya yg perlu kita gali adalah apakah manajemen luka sudah diedukasi dengan baik dan sudah dijalankan dengan baik juga oleh pasien atau tidak. Umumnya luka yang tidak sembuh" jika memang kondisinya normal dan tidak ada komorbid yang bisa menyebabkan luka sulit sembuh adalah karena manajemen luka yang tidak baik.

Jika memang manajemen lukanya baik, umumnya luka akan sembuh antara 1-4 minggu tergantung jenis operasinya.

3. Tidak bisa digeneralisir. Tergantung apa penyakit penyertanya dan balik lagi ke bagaimana manajemen lukanya, apakah ada infeksi sekunder, dll. Jika memang ada abses, tentu tidak akan sembuh jika tidak dilakukan evakuasi pus.

Untuk membantu edukasi pasien, Dokter bisa mencari sumber-sumber untuk orang awam yang terpercaya untuk membantu pasien dan keluarga supaya bisa memahami apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan setelah operasi usus buntu. Berikut contoh sumber yang dapat digunakan:

https://www.alodokter.com/yang-perlu-dilakukan-pasca-operasi-usus-buntu

01 Februari 2020, 16:01
Alo dok..
Jika sepengetahuan saya.. 
Sembuhnya luka itu tidak tergantung dari obat paten atau generik yang pasien minum. Melainkan pola makan yang pasien makan.
Banyak sekali di jaman sekarang masih terbawa  dengan kebiasaan jaman dahulu jika habis operasi atau melahirkan atau terluka tidak boleh makan makanan yang amis.
Padahal justru makanan amis atau yg mengandung protein tinggi sangat bagus untuk penyembuhan luka.
Oleh sebab itu, jika ada pasien yang bertanya tetang luka yg tidak sembuh, alangkah baik nya jika di gali tentang kebiasaan dan pola makannnya dok.. Terimakasih.
01 Februari 2020, 16:04
Makasih