Penyebab dan terapi jari bengkak, nyeri dan bernanah tanpa sebab jelas - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, saya menerima pasien dengan keluhan jari bengkak tanpa sebab. telah diberikan antibiotik dan antiinflamasi tapi kondisi tidak membaik. Mohon...

Diskusi Dokter

08 Desember 2018, 17:39
Sore doc,

Sebelumnya kalau boleh tahu lukanya sudah brp lama ya? apakah pasien pny faktor penyulit tertentu? Pada luka apakah sampai terlihat bagian tulang atau tendon?

Kalau pendapat sy, selama perawatan luka lakukan debridement luka, irigasi menggunakan cairan saline dan berikan perban oklusif yg mengandung lapisan atau gel hidrokoloid/ hidrogel yang dirawat scr tertutup dengan memakai kassa. Pertimbangkan juga pemberian antibiotik topikal. Namun jika luka seperti ini lamanya sudah lebih 2 minggu dan tidak membaik maka perlu dikonsul ke dokter spesialis bedah atau jika ada dokter bedah plastik.

Mohon koreksinya jika ada yang keliru ­čÖĆterimakasih.
09 Desember 2018, 19:53
Luka sudah 1 minggu. tidak terdapat penyakit penyerta lainnya. tendon tidak terlihat
09 Desember 2018, 22:40
Malam dok, kalau luka bernanah umumnya disebabkan oleh bakteri gram negatif, dan pemilihan antibiotik yang tepat golongan sefalosporin seperti sefiksim untuk obat oral. Pada luka tersebut boleh juga diberikan taburan tablet metronidazole yang dipulvis. Edukasi pasien juga dok agar luka tidak basah, ganti verban minimal 2x sehari, makan makanan tinggi protein, mengurangi asupan lemak terutama lemak jenuh, dan boleh pertimbangan konsumsi vitamin c dan zink untuk penyembuhan luka. Demikian pendapat saya, terimakasih dok.
11 Desember 2018, 21:03
dr.Roscoe
dr.Roscoe
Dokter Umum
Halo dok,

Dari foto yang dokter post sepertinya tampak seperti selulitis ya dok. Apakah sudah dicoba menggunakan kombinasi antibiotik atau mungkin sudah mendapatkan antibiotik injeksi?

Mungkin dapat juga dipertimbangkan keadaan lainnya seperti Diabetes yang akan mempersulit proses penyembuhan luka dok.

Atau area tersebut terus menerus terpapar oleh zat yang menimbulkan peradangan (misal dalam hal ini yang mencetuskan Dermatitis Kontak yang kemudian terinfeksi).

Semoga dapat bermanfaat dok. Salam.