Edukasi dan langkah apa yang tepat diberikan kepada pasien dengan hipertensi esensial/sekunder derajat 3 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Pasien yang datang ke faskes primer, dengan hipertensi esensial/sekunder derajat 3 TD 180/110 mmHg, saat kita targetkan penurunan hingga 130-140...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi dan langkah apa yang tepat diberikan kepada pasien dengan hipertensi esensial/sekunder derajat 3

    18 April 2021, 14:24
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Pasien yang datang ke faskes primer, dengan hipertensi esensial/sekunder derajat 3 TD 180/110 mmHg, saat kita targetkan penurunan hingga 130-140 mmHg dan TD pasien sudah turun sesuai target kita, malah akan membuat pasien dengan kondisi tsb merasa tidak nyaman dan akhirnya berhenti meminum OAH/compliance pasien menurun. Sebaiknya apa edukasi dan langkah selanjutnya untuk pasien ini ya dok?

    Terimakasih sebelumnya

19 April 2021, 08:12

Alo dr.Anon, 

Terimakasih atas pertanyaanya, mencoba menjawa yaa... 

Beirkan edukasi pada pasien mengenai efek samping jangka panjang seperti risiko tinggi cardiovascular events  seperti stroke, infaark miokard, gagal ginjal. 

Selain itu, sebaiknya telaah kembali obat yang diberikan pada pasien. Telaah lebih lanjut  efek samping yang tidak diiningkan akibat obat antihipertensi, pertimbangkan untuk. mengganti obat antihipertensi dengan efek samping yang lebih minimal. 

Dan untuk berapa taarget penurunan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi esensial, masih diperdebatkan. Tim editorial sedang memngerjakan SKP artikel untuk topik ini. 

Sumber: 

https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/hipertensi

https://www.alomedika.com/penyakit/neurologi/stroke/diagnosis