Bagaimana rekomendasi pengobatan batuk di faskes primer? - Diskusi Dokter

general_alomedika

ijin sharing dok. mungkin kasus yg sepele namun cukup membuat saya berpikir.sering sekali menemukan pasien2 dengan gejala flu ya dok. terutama di...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana rekomendasi pengobatan batuk di faskes primer?

    03 Desember 2018, 23:32

    ijin sharing dok. mungkin kasus yg sepele namun cukup membuat saya berpikir.

    sering sekali menemukan pasien2 dengan gejala flu ya dok. terutama di klinik

    apalagi saat musim pancaroba seperti ini.

    awalnya datang dengan keluhan meriang, pilek hidung tersumbat dan batuk kering, gatal tenggorokan.

    kemudian pemberian obt difokuskan pada gejala ini meskipun sebenarnya flu dengan istirahat ckup tapi tradisi di Indonesia berobat harus dapat obat.

    kemudian pasien beberapa harinya kembali dengan batuknya jadi berdahak.

    pertanyaan saya

    apakah boleh saat pasien datang dengan keluhan batuk tidak produktif kita terapi kombinasi antara antitusif dan mukolitik/ekspectoran bersamaan? apa efektif?

    dan menurut para dokter disini, apakah flu harus diobati? kalau saya lihat di negara maju, para dokternya lebih menyarankan istirahat dan minum air yg cukup. tp apakah cocok hal tersebut kita terapkan di Indonesia era BPJS?

04 Desember 2018, 06:28

Alo dokter Jeffry!

Berdasarkan jurnal ini, batuk akut dapat diterapi awal menggunakan antihistamine/decongestan dengan brompheniramine dan sustained released pseudoephedrine.Naproxen juga bisa digunakan.

Lengkapnya bisa dibaca di : https://doi.org/10.1378/chest.129.1_suppl.72S

Tapi itu jurnalnya sudah cukup jadul yaa dok.. tahun 2006, berarti 12 tahun yang lalu. Kalo ada TS yang punya sumber lebih baru monggo di share yaa...

04 Desember 2018, 06:53
Memang gejala batuk pilek dan demam, seperti common cold ini salah satu kondisi yang membuat pasien ke dokter. Karena disebabkan oleh infeksi virus, yang self limited disease, maka memang biasanya pengobatan simptomatis dan pasien diminta istirahat cukup. Untuk penggunaan antihistamin saja dari beberapa systematic review menunjukkan hasil tidak ada efek berarti dalam penanganan common cold. Sementara ada beberapa penelitian yang ungkapkan manfaat penggunaannya bila antihistamin digunakan bersama dekongestan. Meskipun kombinasi ini dianak anak <5 tahun bisa tidak efektif. Beberapa juga mengungkapkan manfaat pemberian zinc dan madu dalam penanganan. 

Ini beberapa sumbernya ya dok

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/22962927/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3928210/