Pengobatan asma untuk pasien ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya dok, pengobatab asma pada ibu hamil apakah sama seperti pengobatan asma pada umumnya? Apakah salbutamol boleh diberikan pada ibu hamil?

Diskusi Dokter

19 Juli 2022, 08:34
Alo dok, pengobatan asma pada ibu hamil masih boleh boleh saja kok dok memakai salbutamol, apalagi inhealer atau nebul dimana efek sistemik nya minimal
Untuk pengobatan lain dokter masih bisa memberi kortikosteroid seperti budesonide dan obat obatan methylxanthine seperti theophyllline ataupun aminophylline.  Tapi perhatian khusus pada obat methylxanthine ya dok karena secara fisiologis, metabolisme obat tersebut akan menurun dan protein binding obat tersebut juga akan menurun, sehingga diperlukan adjusting dose pada penggunaannya
19 Juli 2022, 08:37

ALO Dokter, penatalaksanaan asma pada kehamilan penting dilakukan karena eksaserbasi asma merupakan penyulit kehamilan. Kontrol asma yang buruk dapat meningkatkan risiko persalinan preterm dan risiko BBLR.

Pada gejala akut, salbutamol inhalasi (agonis beta-2 short-acting) dapat diberikan sebagai reliever. Sedangkan untuk kontrol asma jangka panjang, ibu hamil dapat diberikan budesonide atau kortikosteroid inhalasi lainnya.  Salbutamol menurut FDA masuk kategori C, jadi boleh digunakan jika besarnya manfaat melebihi risiko terhadap janin.

Referensi: 

https://www.alomedika.com/penatalaksanaan-asma-pada-awal-kehamilan

https://www.alomedika.com/penatalaksanaan-asma-pada-akhir-kehamilan