Penggunaan Favipiravir pada Pasien COVID-19 disertai HIV on ARV - Paru Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Fajar, Sp.PIzin bertanya, pada kasus konsultasi online, jika ada pasien covid dg komorbid HIV on ARV, bagaimana pemberian antivirus favipiravirnya?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Favipiravir pada Pasien COVID-19 disertai HIV on ARV - Paru Ask the Expert

    08 September 2022, 17:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Fajar, Sp.P

    Izin bertanya, pada kasus konsultasi online, jika ada pasien covid dg komorbid HIV on ARV, bagaimana pemberian antivirus favipiravirnya? Jika boleh diresepkan, apakah ada kriteris tertentu perihal viral load dan cd4 nya, selain gejala klinis pasien. Dan untuk dosis favipiravirnya apakah sama, yaitu hari 1 2x1600 mg dan hari ke 2-4 2x600 mg?

    Terima kasih

08 September 2022, 18:07
dr.Fajar Agung Prayogo, Sp.P
dr.Fajar Agung Prayogo, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Alo Dokter, Terima kasih atas pertanyaannya, mohon maaf baru membalas, saya izin menjawab ya dok, Jika pasien sudah on ARV dan terinfeksi covid, maka yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah cek fungsi hatinya ya Dok, jika fungsi hatinya bagus maka pasien boleh kita berikan Antivirus Favipiravir. Pemberian Favipiravir tidak tergantung dari viral load dan CD4 nya dok melainkan dari klinis pasien (Derajat covid) dan penunjang (Foto Toraks) Dokter. Untuk dosis betul seperti itu Dok, 2 x 1600 hr I, dan 2 x 600 2 -4 .Demikian Dokter, terima kasih.