Penatalaksanaan percobaan bunuh diri di fasilitas kesehatan primer - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Nova, izin bertanya dok, apa saja ya dok penatalaksanaan yang dapat dilakukan untuk pasien percobaan bunuh diri di faskes primer?dan apakah sudah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penatalaksanaan percobaan bunuh diri di fasilitas kesehatan primer

    03 Juni 2021, 14:37

    Alo dokter Nova, izin bertanya dok, apa saja ya dok penatalaksanaan yang dapat dilakukan untuk pasien percobaan bunuh diri di faskes primer?dan apakah sudah bisa didiagnosa dengan ppdgj ya dok? Setahu saya kondisi ini juga tidak di cover oleh asuransi bpjs

03 Juni 2021, 17:14
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Buku referensi diagnosis Ganggguan Jiwa adalah The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders V (DSM-V) dan Pedoman Penggolongan Diagnosis Gangguan JIwa (PPDGJ) III.

Berdasarkan Permenkes No. 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, dalam bab IV mengenai pelayanan kesehatan disebutkan bahwa manfaat yang tidak terjamin dalam program JKN meliputi poin 9 yang isinya:

Gangguan kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat melakukan hobi yang membahayakan diri sendiri. 

Saya sudah sempat Buka Puasa bersama Dirut BPJS yang baru, dan terlontar dari beliau bahwa seharusnya tidak demikian. Saya rasa ini angin segar bahwa klaim bunuh diri akan segera bisa ditanggung. Alasannya cukup sederhana. Kita bicara Jaminan Kesehatan Semesta maka seharusnya tidak ada diskriminasi dan stigma. Untuk mematahkan stigma dan diskriminasi adalah bukan pada jalur ini. Juga untuk mencegah terjadinya bunuh diri adalah melalui upaya SUICIDE PREVENTION yang saat ini sedang disusun pedoman terbarunya oleh Kementerian Kesehatan. 

Terkait pertanyaan: "penatalaksanaan yang dapat dilakukan untuk pasien percobaan bunuh diri di faskes primer?" akan saya jawab sekalian untuk pertanyaan dr. Abi Noya tentang penanganan pasien dengan risiko bunuh diri.

Salam Sehat Jiwa. 

03 Juni 2021, 18:18
Baik dokter,  sangat mencerahkan bagi saya, terima kasih
03 Juni 2021, 17:33
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ
Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa

Alodokter,

Saya menemukan link yang saya rasa sangat bisa menjawab pertanyaan dokter dengan sangat lengkap. Saya menghargai tulisan teman sejawat tersebut dan saya akan copy paste di sini:

https://www.alomedika.com/penilaian-risiko-pasien-bunuh-diri

 

Salam Sehat Jiwa. 

03 Juni 2021, 18:19
Siap dokter,  terima kasih dok