Pedoman penatalaksanaan hepatitis yang disebabkan oleh OAT pada pasien TB - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, apakah ada yang punya pedoman penatalaksaan pasien TB yang sempat diberikan OAT lalu memicu hepatitis? Terimakasih sebelumnya 🙏

Diskusi Dokter

29 Februari 2020, 17:56
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Ada yaa dok. PNPK TB 2019.
29 Februari 2020, 18:26
Apakah Dokter punya yang tahun 2019 Dok? Mungkin berkenan sharing karena saya tidak ketemu yang terbaru Dokter. Terimakasih sebelumnya ya Dok.
29 Februari 2020, 18:45

Selamat malam Dokter, pada link yang akan dilampirkan berikut:

- https://www.cdc.gov/mmwr/PDF/rr/rr5211.pdf , 

-  https://www.thoracic.org/statements/resources/tb-opi/hepatotoxicity-of-antituberculosis-therapy.pdf ,

https://www.persi.or.id/images/regulasi/kepmenkes/kmk3642009.pdfhttps://www.persi.or.id/images/regulasi/kepmenkes/kmk3642009.pdf 

Dijelaskan dengan cukup terkait terapi TB termasuk, pada kondisi hepatitis yang dicetuskan oleh OAT. Perlu dilakukan pemeriksaan SGOT/SGPT untuk menilai gangguan fungsi hati. Jika kadar SGOT dan SGPT meningkat lebih dari 3 kali dari ambang batas normal disertai adanya gejala klinis yang mendukung. Maka obat INH, rifampisin, PZA, dan semua obat yang diduga dapat memicu terjadinya kerusakan fungsi hati harus dihentikan.

Untuk TBnya jika sangat diperlukan bisa diberikan etambutol dan streptomisin sampai hepatitisnya membaik dan kadar SGOT/SGPT nya turun.  Jika membaik obat first line nya dilanjutkan kembali. Pasien juga perlu mendapatkan monitoring berkala. 

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan CMIIW.

29 Februari 2020, 19:07
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Dikatakan DIH e.c OAT dan harus sementara distop OATnya jika secara ringkasnya didapatkan Kondisi sbb :
- Nampak nyata klinis ; Ikterik, muntah
- Got/Gpt 3x-5x Klinis diatas
- GOT/GPT >5x 
- Bil >2
Untuk kelanjutan jenis regimen khusus (regimen penyesuaian) OATnya sebaiknya dirujuk saja ke dokter spesialis paru yaa dok. Karena akan ada desensitisasi atau drug challenge OAT untuk menentukan regimen OAT tersave pada kondisi DIH yang telah terjadi oleh Px

01 Maret 2020, 19:13
Terimakasih dokter Merry. 🙏
29 Februari 2020, 19:09
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
29 Februari 2020, 18:26
Apakah Dokter punya yang tahun 2019 Dok? Mungkin berkenan sharing karena saya tidak ketemu yang terbaru Dokter. Terimakasih sebelumnya ya Dok.
Siap dok.Berikut saya lampirkan. Semoga bermanfaat yaa dok.
pnpk_tb_2019.pdf
29 Februari 2020, 19:15

Terima kasih Dokter, infonya sangat bermanfaat.

29 Februari 2020, 21:11
Terimakasih banyak Dokter 🙏
29 Februari 2020, 23:06
Sangat bermanfaat. Trm ksh dok
02 Maret 2020, 05:03
dr. Prima Pratama, SpPD
dr. Prima Pratama, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dok... Boleh mohon asupannya bila berkenan , banyak yang bertanya juga pastinya :
1. Bila pasien dengan OAT lalu hepatitis imbas obat misalnya dengan fungsi liver meningkat pada fase intensif bulan pertama dan bulan ke 2 pengobatan apa sarannya lanjutannya dan bagaimana cara pemberian?
2. Bila pasien dengan OAT lalu hepatitis imbas obat pada fase lanjutan apa sarannya pengobatan lanjutannya dan bagaimana cara pemberiannya?

Hal ini berhubungan dengan cara teknik pemberiannya dok, contoh fase lanjutan yang sudah minum bulan ke 5 baru timbul Hepatitis imbas obat apakah sesuai teori tetap dihentikan dulu lalu di naikan bertahap lalu diberikan sampai 9 bulan lagi?
 
Terima kasih dok atas Asupannya.
29 Februari 2020, 19:18
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
29 Februari 2020, 19:15

Terima kasih Dokter, infonya sangat bermanfaat.

Oke dok. sami²