Pasien dengan riwayat hepatocellular carcinoma mengeluh BAB bercampur darah sudah 3 hari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore dokter, mohon konsul pasien Laki-laki, 59 th, mengeluh BAB bercampur darah sudah 3 hari.Riwayat penyakit pasien -Hepatocell Carcinoma dan telah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan riwayat hepatocellular carcinoma mengeluh BAB bercampur darah sudah 3 hari

    26 Oktober 2019, 17:07

    Selamat sore dokter, mohon konsul pasien Laki-laki, 59 th, mengeluh BAB bercampur darah sudah 3 hari.


    Riwayat penyakit pasien 

    -Hepatocell Carcinoma dan telah menjalani Kemoterapi Target Sel

    - Epistaksis profus 2 hari yang lalu


    Pemeriksaan: anemia -, ikterus , pembesaran hepar 2 jari dibawah costae, RT : tidak ada massa. 


    Lab: Hb 16, Plt : 151.000, PT 17,5, APTT 34,4


    Riwayat pengobatan: 

    - Lenvatinib 1*10 mg sbg terapi kanker

    - Ricovir sebagai terapi hepatitis

    - Asam tranexamat 3*1


    Mohon advis penatalaksanaan

26 Oktober 2019, 23:08

Selamat malam Dokter, jadi untuk terapi kankernya sudah dan sedang dijalankan ya Dok, menurut link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5099081/ penanganan untuk BAB berdarah akan dilakukan dengan:

- Evaluasi dan mencari penyebab dan faktor risiko, jika BAB hematochezia disertai dengan adanya ketidakstabilan tanda hemodinamik, dilakukan resusitasi cairan,  dan mungkin akan dilakukan transfusi darah untuk memastikan Hb tetap di atas 7g/dl, juga direncanakan untuk pemeriksaan pendukung seperti endoskopi, kolonoskopi.

- Transfusi platelet mungkin akan diperlukan pada pasien dengan perdarahan berat. 

- Pasien yang sedang menjalani terapi antikoagulan, perlu dilakukan evaluasi kembali untuk menentukan apakah pengobatan ini dihentikan atau digantikan dengan pengobatan lain.

- Perlu dilakukan tindakan pencegahan dengan menghindari penggunaan obat golongan NSAID.  

Lebih lengkapnya ada di jurnalnya Dokter, mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW

26 Oktober 2019, 23:17
Terimakasih dok
26 Oktober 2019, 23:19
Terapi kanker sudah dijalankan satu bulan dok, efek kemoterapi salah satunya adalah menurunkan jumlah trombosit dan meningkatkan resiko perdarahan
27 Oktober 2019, 07:49
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodokter
Pada penderita dengan hepatocelluler carcinoma terjadinya perdarahan karena:
1. Peningkatan tekanan v portal, berakibat pecahnya varises esofagus, gambarannya bab berwarna hitam
2. Gangguan hemostasis koagulasi akibat fungsi hati terganggu dalam pembentuan protein dan faktor2 koagulasi yg depend on vit K. 
Kalau melihat data Hbnya masih baik, PT dan APTT sayangnya nilai kontrol tdk ada, jika PTnya 1.5 kali kontrol itu artinya faktor2 pembekuannya terganggu dan berisiko untuk terjadi perdarah lebih tinggi dibandingkan yg normal, lakukan pemeriksaan berkala, alhamdulillah trombositnya masih baik, lakukan usg abdomen untuk mengevaluasi limpanya, kalau ditemukan splenomegali berisiko terjadinya trombositopenia yg akan menambah risiko terjadi perdarahan, begitu juga dengan varises esoefagusnya harus dinilai dan evaluasi melalui endoskopi, mencari dan mengevaluasi perdarahan atau varises esofagus yg berisiko terjadinya perdarahan dan jika perlu dilakukan ligasi untuk pencegahan perdarahannya. 
Lakukan pemeriksaan feses dan test darah samar untuk menyakinkan bahwa terdapat darah pada fesesnya. 
Bisa jadi kondisi ini dampak dari kemotherapi dan sifatnya sementara, lakukan monitoring ketat disamping pemeriksaan fisik, juga laboratorik.
27 Oktober 2019, 11:42
Terimakasih dokter atas advisnya
28 Oktober 2019, 20:45
Terima kasih Dokter, sangat bermanfaat 
29 Oktober 2019, 14:27
Terimakasih atas infonya Dok 🙏