Penanganan pasien mitral valve prolapse dengan disfungsi ereksi - Jantung Ask the expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Roy christian ,sp.JP (K) izin bertanya dok untuk pasien usia 30 Thn dengan diagosa mitral valve prolapse dengan trivia mitral regurgitasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan pasien mitral valve prolapse dengan disfungsi ereksi - Jantung Ask the expert

    07 Mei 2021, 13:13

    Selamat siang dr. Roy christian ,sp.JP (K) izin bertanya dok untuk pasien usia 30 Thn dengan diagosa mitral valve prolapse dengan trivia mitral regurgitasi yg tidak reguler meminum obat golongan Beta blocker bisoprolol 1x2,5 mg ,tiba tiba mengalami disfungsi ereksi yg menurut dr urologi nya bs di sebabkan oleh efek beta blockers yg di konsumsi ,adakah terapi pengganti dari obat tersebut dok ?? Adakah advice khusus untuk pasien mitral valve prolapse (MVP) dok?kapan sebaiknya kita menganjurkan untuk di lakukan tindakan repair untuk katup mitral pada kasus MVP?

    Terimakasih dok

07 Mei 2021, 16:05
Alo Dokter
Terima kasih telah memasukkan pertanyaan di Ask the Expert Alomedika. Saat ini dr. Roy sedang menangani perihal lain yang urgent. Beliau akan kembali ke forum nanti untuk menjawab pertanyaan ini. Terima kasih, Dok.
09 Mei 2021, 17:39
dr. Roy Christian
dr. Roy Christian
Dokter Spesialis Jantung

Terima kasih dr. Bismel,

Pada pasien dengan mitral valve prolaps ringan dengan trivial atau tanpa mitral regurgitasi dan tidak ada keluhan, biasanya tidak perlu diberikan terapi obat. Bila menimbulkan keluhan atau mitral regurgitasi yang cukup bermakna bisa diberikan beta bloker. Pada pasien yang muncul efek samping disfungsi ereksi akibat bisoprolol maka bisa diganti dengan nebivolol yang nerupakan beta bloker generasi ketiga, yang menurut penelitian bisa memperbaiki disfungsi ereksi akibat bisoprolol karena mempunyai efek meningkatkan pelepasan NO yang penting untuk fungsi endotel. Tindakan repair dianjurkan pada kasus mvp yang menyebabkan mitral regurgitasi yang cukup berat dan mengakibatkan gagal jantung kongestif.