Pasien Laki-laki usia 39 tahun tanpa Comorbid dengan luka selama 1 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya sedang memiliki pasien yang sudah 1 bulan luka nya belum sembuh. Laki 39 tahun tanpa Comorbid, luka saat berkebun kemungkinan kemasukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien Laki-laki usia 39 tahun tanpa Comorbid dengan luka selama 1 bulan

    15 November 2021, 08:34

    Alo dokter, saya sedang memiliki pasien yang sudah 1 bulan luka nya belum sembuh. Laki 39 tahun tanpa Comorbid, luka saat berkebun kemungkinan kemasukan (Medang/bulu halus) bambu. Sempat bengkak lalu dikompres NaCl mau membaik tapi karen aktivitas berkebun dan membersihkan got di rumah jadi infeksi lagi. Terakhir gambarnya sebagai berikut setelah jaringan yang menutupi kuku ini dieksisi sekitar 1 Minggu lalu) - dilanjutkan perawatan luka tertutup dengan tule dan kompres NaCl 2x sehari. Dan cefixime 2x sehari Minggu.

    Apakah ini yg dinamakan granuloma?

    Bagaimana Penanganan yang tepat kasus ini?

    Apakah jaringan yang menutupi kuku ini harus dieksisi lagi? Bagaimana perawatan luka setelahnya? Takutnya tumbuh lagi seperti daging (granuloma?)

    Terimakasih sebelumnya

15 November 2021, 09:33

Alo Dok, 

Dari kasus seperti diatas sebaiknya untuk memastikan diagnosa pasien, pasien dirujuk ke dokter spesialis bedah umum untuk mendapatkan terapi yang sesuai dengan keluhan pasien. 

Paisen harus diedukasi mengenai cara menjaga luka setelah diseksi kuku sehingga tidak menjadi infeksi berulang. Anamnesis lebih lanjut untuk bisa lebih mendapatkan terapi yang sesuai. 

Mungkin ada TS lain yang membantu menjawab, sekian dan terima kasih 

 

28 November 2021, 02:24
Alodokter, maaf baru balas pasien di faskes 1  ini kemarin akhirnya kami kerjakan eksisi granuloma, perawatan luka dengan balut tekan, hanya saja ganti dressing nya setiap 3 hari supaya tidak mengganggu proses granulasi dan epitelisasi. ab cefixime kami lanjutkan tanpa analgetik karena pasien tidak mengeluh nyeri. Tantangannya Kalau Pakai BPJS, utilisasi faskes 1 harus baik, kasus bedah minor sebisa mungkin ditangani di faskes 1 dr. Jika rujukan kasus non spesialistik Diatas target yg ditentukan, risiko kena penalti kapitasi tidak dibayar 100%. Syukurnya pasien ini Follow up 1 Minggu Pasien  sembuh Baik jadi tidak jadi rujuk. Terimakasih tanggapannya Dokter. 🙏