Penanganan Luka Jahitan dengan Infeksi Sekunder - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok ijin konsul, utk luka jahitan yg kendor dan bernanah apakah perlu dibuka kembali jahitan utk mengeluarkan pus dan irigasi dgn antiseptik, beri antibiotik...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan Luka Jahitan dengan Infeksi Sekunder

    14 Maret 2019, 06:13

    Dok ijin konsul, utk luka jahitan yg kendor dan bernanah apakah perlu dibuka kembali jahitan utk mengeluarkan pus dan irigasi dgn antiseptik, beri antibiotik topikal dan sistemik, ataukah membiarkan jahitan kendor tersebut dan mencoba membersihkan apa adanya sekaligus memberi antibiotik?

    Sering saya mendapat pasien yg dtng telat dari waktu kontrol dan ternyata luka yang dijahit masih basah dan bernanah, bahkan jahitannya kendor (tidak tahu apakah awal dijahit mmg kendor atau mmg lama2 menjadi kendor)..

14 Maret 2019, 06:45

Alo dokter!

Saya coba menanggapi sedikit. Untuk jahitan yang terkena infeksi sekunder, tatalaksananya berbeda-beda tergantung kasusnya (sudah berapa hari post hecting, seberapa berat infeksi sekundernya, seberapa besar lukanya). Bila infeksi superfisial dan gejala yang timbul lokal, maka bisa dilakukan rawat luka dulu dan diberikan antibiotik topikal. Tapi bila sudah lebih dalam, apalagi ada gejala sistemik, maka bisa dipertimbangkan membuka jahitan, debridemen disertai jahit ulang atau perawatan luka secara sekunder (tidak dijahit). cmiiw. 

14 Maret 2019, 08:10
Selamat pagi dok, izin bertanya dok.. 
Sebelumnya luka hecting dilakukan atas indikasi apa ya dok?? 
14 Maret 2019, 09:03
Vulnus laceratum dok
14 Maret 2019, 08:18
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alodokter!
Bila kondisi luka nya sudah terinfeksi dan bernanah, memang sebaiknya jahitan di bagian yg mengeluarkan nanah tsb dicabut, sehingga memudahkan proses drainase nanahnya dan perawatan lukanya. Luka dilakukan perawatan rutin, baik dengan irigasi dan juga nekrotomi hingga debridement. 
Semoga bermanfaat! 
14 Maret 2019, 08:57
Dok berarti tidak perlu dijahit kembali setelah irigasi drainase ya dok? Brrti dibiarkan sembuh sampai jar granulasi tumbuh?
14 Maret 2019, 08:27
Alo Dokter. 
Coba bantu menjawab. 
Utk kasus spt itu, buka jahitan pada luka yg bernanah, biarkan rawat terbuka, agar nanah mengalir ke luar. Tekan tepi lukanya. Lalu bersihkan dgn NaCl. Tutup kembali dgn kassa NaCl. Rawat luka tiap 1-2 hari. Luka akan menyembuh dan membentuk jaringan granulasi dari dalam. 

Hati2 khusus utk perawatan luka irisan laparotomi. Pastikan bahwa fascia tetap utuh. Burst abdomen merupakan suatu keadaan yg disertai rupturnya fascia dan eksenterasi isi cavum abdomen ke ekstraabdominal. Utk kondisi spt ini, sebaiknya dirujuk ke dokter bedah ya.

Semoga membantu
14 Maret 2019, 08:56
Dok ijin bertanya, berarti setelah aff jahitan dan rawat luka, tidak perlu di jahit kembali cuma perlu menunggu pennyembuhan jaringan granulasi ya dok?
14 Maret 2019, 09:02
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
14 Maret 2019, 08:57
Dok berarti tidak perlu dijahit kembali setelah irigasi drainase ya dok? Brrti dibiarkan sembuh sampai jar granulasi tumbuh?
Luka akan dibiarkan terbuka dengan harapan akan tumbuh jaringan granulasi dari dasar luka dan menutup sendirinya, atau bisa di tutup dengan flap bila infeksinya sdh teratasi
14 Maret 2019, 09:12
Setuju dr. David👍
14 Maret 2019, 11:02
Makasih dok ilmunya berguna sekali buat kami yg di perifer..😁
14 Maret 2019, 09:28
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
14 Maret 2019, 09:12
Setuju dr. David👍
Sama sama dok 👌😁