Suplemen untuk pasien gagal ginjal kronik usia 60 tahun yang serumah dengan pasien COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, saya memiliki pasien wanita 60 tahun dg DM tipe 2 + CKD stage 1, harus serumah dengan suaminya yg terkonfirmasi covid, namun pasien wanita tsb...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Suplemen untuk pasien gagal ginjal kronik usia 60 tahun yang serumah dengan pasien COVID-19

    13 Juli 2021, 13:37

    Alo dok, saya memiliki pasien wanita 60 tahun dg DM tipe 2 + CKD stage 1, harus serumah dengan suaminya yg terkonfirmasi covid, namun pasien wanita tsb negatif covid via PCR. Adakah rekomendasi vitamin dan dosis yg dapat dikonsumsi pasien tsb untuk menguatkan daya tahan tubuhnya? Adakah yg perlu digarisbawahi terkait pemberian vitamin pd penderita gagal ginjal? Terima kasih dokter..

13 Juli 2021, 14:29

Alodokter izin ikut berdiskusi 


Pada pasien COVID-19 terjadi peningkatan kebutuhan energi dan protein. Peningkatan kebutuhan energi terjadi karena demam dan peningkatan kerja otot pernafasan. Kebutuhan energi pasien COVID-19 sebesar 30-35 kkal/kgBB/hari. Rekomendasi asupan protein harian dari ASPEN untuk pasien penyakit ginjal kronis dalam dialisis adalah 1.2 g/kgBB/hari. Rekomendasi KDOQI untuk asupan energi dari diet pada pasien penyakit ginjal kronis adalah 30 – 35 kcal/kgBB/hari.

Adanya infeksi saluran pernapasan pada COVID-19, direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C sebanyak 2-3 kali 100 gram/hari seperti buah jambu biji, stroberi, jeruk, melon, pisang, anggur, pepaya, lemon dan sayuran berdaun hijau. Direkomendasikan pula untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zinc seperti daging merah, unggas, seafood, telur, dan susu. Dan rekomendasi pemberian vitamin D diberikan hingga kadar kalsium di atas 10.2 mg/dL. Untuk rentang dosis masih aman dokter. 

Berikut sumber yang saya baca, mungkin TS lain ada yang ingin menambahkan, CMIIW:


https://www.alomedika.com/pentingnya-suplementasi-oral-pada-pasien-penyakit-ginjal-kronis-yang-menjalani-hemodialisis

https://www.alomedika.com/pentingnya-suplementasi-oral-pada-pasien-penyakit-ginjal-kronis-yang-menjalani-hemodialisis

https://rs.uns.ac.id/gizi-dan-makanan-bagi-pasien-covid-19/

13 Juli 2021, 15:28
Baik dok, terimakasih 🙏