Pemeriksaan sputum pada pasien TB dalam pengobatan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Ijin bertanya.Pada akhir pengobatan OAT tahap intensif direkomendasikan pemeriksaan sputum ulang dengan TCM. Jika pemeriksaan TCM tidak bisa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemeriksaan sputum pada pasien TB dalam pengobatan

    13 November 2022, 19:59

    Alo Dokter. Ijin bertanya.

    Pada akhir pengobatan OAT tahap intensif direkomendasikan pemeriksaan sputum ulang dengan TCM. Jika pemeriksaan TCM tidak bisa dilakukan (karena fasilitasnya jauh dari tempat tinggal pasien dan kendala biaya transport pasien) apakah tetap bisa dilakukan pemeriksaan BTA?

    Namun sebagian besar pasien yang sudah berakhir pengobatan tahap intensif seringkali tidak ada gejala dan tidak dapat mengeluarkan sputum. Apakah perlu dilakukan induksi sputum? Atau dianjurkan pemeriksaan foto thorax?

    Namun jika pasien tidak mampu juga untuk ke rumah sakit yg ada pemeriksaan foto thorax apakah pengobatan tetap dilanjutkan ke tahap lanjutan dengan hanya menilai pemeriksaan klinis saja?

    Terima kasih dokter

13 November 2022, 20:51

Alodokter izin ikut berdiskusi 

Dari rekomendasi WHO adalah melakukan pemeriksaan apusan dahak BTA pada akhir fase intensif pengobatan. Pemeriksaan apusan dahak ulang ini dilakukan pada semua pasien, baik pasien kasus definitif BTA positif maupun kasus tuberkulosis BTA negatif dan pasien kasus baru maupun pengobatan ulang. 

Pada pasien yang sulit untuk mengeluarkan sputum karena sputum terlalu kental, maka dapat dilakukan pengambilan sputum dengan cara menginduksi batuk yaitu dengan menggunakan uap hangat steril dari cairan salin hipertonik 3%-5%. 

Berikut sumber yang saya baca, cmiiw:

https://www.alomedika.com/pengobatan-tuberkulosis-fase-intensif


https://www.alomedika.com/tindakan-medis/pulmonologi/pemeriksaan-bakteri-tahan-asam/teknik

15 November 2022, 16:36
Baik terima kasih banyak dokter
15 November 2022, 17:07
dr.Nur Chandra Bunawan
dr.Nur Chandra Bunawan
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alodok, sputum gene expert digunakan untuk diagnosis, tidak untuk monitoring pengobatan. Untuk monitoring pengobatan sesuai dengan yg dikatakn dr Retma