Pemberian Vital Ear Oil® apakah direkomendasikan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, bagaimana menurut pengalaman dokter ,jika ada pasien dg keluhan telinga dan diberikan Vital Ear Oil...? Atau dokter pernah menemukan kasus otitis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian Vital Ear Oil® apakah direkomendasikan

    20 Mei 2021, 09:56
    dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
    dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
    Dokter Spesialis THT

    Alo dokter, bagaimana menurut pengalaman dokter ,jika ada pasien dg keluhan telinga dan diberikan Vital Ear Oil...? Atau dokter pernah menemukan kasus otitis karena setelah penggunaan tsb?

    Karena bbrp pasien saya yang menggunakan obat tersebut tdk membaik, stlh beli di apotek tanpa memeriksakan penyakit telinganya apa... dan saat ini obat tsb sdh ada di e-pharmacy Aloshop...


    Berdasarkan penelitian, thymol memang sebagai antimikroba... Thymol oil

    Sedangkan camphor, dan menthol? Kedua kandungan ini banyak di berbagai macam produk, seperti inhaler (yg ini tdk direkomendasikan oleh dokter THT , karena menyebabkan rebound phenomen / rinitis medikamentosa)

    Salam...

20 Mei 2021, 10:47

Alo Dok, 

Sejauh yang saya dapat, pasien meminta diberikan vital ear oil untuk membersihkan telinga karena keluhan gatal ringan. Di pemeriksaan juga tidak terlihat otitis eksterna yang berat, tidak ada penyempitan MAE atau kemerahan. Setelah itu  tidak ada keluhan lanjutan atau keluhan tambahan.. 

Mungkin masih efektif untuk otitis eksterna yang ringan ya Dok? Saya juga belum pernah mendapatkan pasien yang keluhannya disebabkan obat ini.

20 Mei 2021, 11:03
Sejauh ini selama di puskesmas belum pernah menemukan kasus pasien yg muncul keluhan telinga stelah pemberian vital ear oil dok.Mungkin ini bisa jadi pelajaran buat kami dok, jika ada pasien datang dgn keluhan telinga atau nyeri telingan perlu dtnyakan riwayat pemakaian obat2an tetes seperti ini dok.Kalo untuk penggunaan forumen bagaimana dok?
20 Mei 2021, 15:24
Salam dokter. Di puskesmas kami ada poli indra, cukup sering menemukan kasus telinga yg sblmnya kmngkan OE dan pada saat berobat ke pkm sdh diberi vit*l ear drop, hasilnya jadi kaurang bagus dok. Bbrp malah ditemukan jg yg mt nya perforasi dok. Tapi kurang paham jg, apakah mmg awalnya ada otitis media atw hanya OE saja.. kalau kmi tanya pasien biasanya nny di apotek, diarahkan untuk pake vit*l dok...