Pemberian Nadic Topikal pada Ibu Hamil dengan Keluhan Nyeri Punggung - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya. Apakah ibu hamil dengan nyeri punggung aman diberikan NSAID topikal seperti voltaren emulgel? Terimakasih banyak, dokter.  

Diskusi Dokter

17 Juni 2021, 08:28

Alo, dr. Budi.

Diklofenak dikategorikan oleh FDA sebagai kategori C pada usia gestasi <30 minggu dan kategori D pada usia gestasi >30 minggu. Oleh karena itu, tidak dapat digunakan oleh ibu hamil. Hal ini termasuk juga untuk diklofenak sediaan gel.

https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-three-drugs-nonprescription-use-through-rx-otc-switch-process

https://www.alomedika.com/obat/analgesik/analgesik-non-narkotik-antipiretik/diklofenak/penggunaan-pada-kehamilan-dan-ibu-menyusui

 

17 Juni 2021, 08:46
Terimakasih dokter
17 Juni 2021, 08:42
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Budi 

 

Diklofenak topikal memiliki indeks kehamilan C, yaitu obat memberikan efek samping ke janin pada studi hewan dan tidak ada data yang cukup pada studi manusia. Perlu pertimbangan digunakan apabila potensi keuntungan melebihi resiko yang dapat terjadi.

 

Produk ini sebaiknya dihindari terutama pada kehamilan trimester ke-3. 

 

Berdasarkan studi pada hewan, penggunaan obat anti-inflamasi non steroid pada trimester ke-3 kehamilan dapat menyebabkan efek samping seperti penutupan prematir duktus arteriosus, hipertensi pulmonal, gangguan ginjal pada janin, oligohidramnion, penghambatan agregasi platelet. 

 

Referensi: 

Voltaren gel (diclofenac sodium 1%) package insert. Parsippany, NJ: Novartis; 2009.

17 Juni 2021, 08:43
Terimakasih dokter