Pemberian Kortikosteroid pada Kasus Positif COVID-19 apakah aman - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dok! mohon maaf ijin berdiskusi, apakah kortikosteroid tidak diperkenankan untuk pasien² covid karena efek supresinya terhadap sistem imun? atau masih...

Diskusi Dokter

05 Februari 2022, 21:44

Alo dr. Firman Alif Mufid

Izin menjawab ya Dok.

Untuk penggunaan kortikosteroid sendiri berdasarkan Buku Tatalaksana COVID-19 5 OP Edisi 4 Jan 2022 diperuntukkan untuk pasien gejala berat-kritis yang memperoleh terapi Extra Corporeal Membrane Oxygenation (ECMO).

WHO sendiri menyarankan bahwa untuk pasien gejala ringan-sedang tidak perlu mendapatkan terapi kortikosteroid.

Menurut Awadhesh Kumar Singh, dkk dalam jurnal Role of corticosteroid in the management of COVID-19, pemberian kortikosteroid pada pasien derajat ringan dan sedang tidak memberikan manfaat yang signifikan. Hal ini dikarenakan kortikosteroid sendiri sebagai imunosupresan dapat secara tidak langsung meningkatkan viral load dan memperlambat masa klirens virus sehingga pemberian kortikosteroid di awal gejala tidak di sarankan. Sedangkan pemberian kortikosteroid pada keadaan sedang berat disarankan karena pada masa ini viral shedding (replikasi RNA) sudah menurun. Kortikosteroid pada fase kritis bertujuan untuk mencegah terjadinya badai sitokin pasca puncak replikasi virus dalam tubuh.

 

Dari saya seperti itu Dok, apabila Dokter atau dokter sekalian mau memberi masukan dan tambahan dipersilahkan. Terimakasih.

 

Sumber:

- Buku Tatalaksana COVID-19 5 OP Edisi 4 Jan 2022 

- https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-dexamethasone

- https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187140212030223X