Pemberian kombinasi tiga obat anti hipertensi - Diskusi Dokter

general_alomedika

 Alo Dokter, izin bertanya, jika pada pasien hipertensi dengan pengobatan kombinasi dua obat anti hipertensi, namun belum juga mencapai target tekanan darah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian kombinasi tiga obat anti hipertensi

    08 Desember 2020, 13:49
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

     

    Alo Dokter, izin bertanya, jika pada pasien hipertensi dengan pengobatan kombinasi dua obat anti hipertensi, namun belum juga mencapai target tekanan darah (belum terkontrol), kapan kita bisa memulai mempertimbangkan untuk pemberian kombinasi tiga obat anti hipertensi? Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memberikan kombinasi tiga obat pada pasien hipertensi? Mohon pencerahannya Dok. Terima kasih sebelumnya.

08 Desember 2020, 14:11

Alodok, izin ikut berdiskusi 

Dari sumber yang saya baca, mencapai tujuan pengobatan hipertensi yang diperlukan adalah dengan meningkatkan dosis monoterapi (yang meningkatkan risiko efek samping) atau menggunakan kombinasi obat dengan efek samping yang minimal. Untuk menghindari komplikasi, penting untuk memulai pengobatan sesegera mungkin, mencapai tujuan dalam waktu sesingkat mungkin dan memastikan kepatuhan pengobatan.
Jika setelah 6-8 minggu pengobatan dengan dua obat pasien belum terkontrol, perlu dilakukan evaluasi kepatuhan, hipertensi jas putih dan hipertensi semu. Jika item tersebut dihilangkan sebagai kemungkinan penyebab kegagalan pengobatan, maka obat ketiga dapat ditambahkan. 

Berikut sumber yang saya baca, mungkin ada sejawat lain yang ingin menambahkan, CMIIW:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5992964/