Pemberian Ketorolac pada pasien dengan gastritis akut - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya sering menjumpai pasien di praktek, pasien dg gastritis akut dan mengeluh nyeri ulu hati yg hebat, apakah bisa diberikan inj. Ketorolac IM tindakan...

Diskusi Dokter

01 Juli 2022, 18:54

Alodokter izin ikut berdiskusi

Indikasi utama penggunaan ketorolac adalah untuk mengatasi nyeri akut dan digunakan dalam jangka pendek (<5 hari). Selain itu, ketorolac juga dapat diberikan intra/post operatif pada kanker, dan migrain.

Ketorolac memiliki beberapa efek samping, antara lain pusing, mual, sakit kepala, iritasi lambung, dan perforasi atau perdarahan pada saluran cerna. 

Sehingga bila dilihat dari efek samping salah satunya adalah iritasi lambung. Maka seharusnya untuk pasien nyeri akibat nueri ulu hati gastritis tidak tepat diberikan obat nyeri ketorolac.

CMIIW, berikut sumber yang saya baca 
https://www.alomedika.com/obat/analgesik/analgesik-non-narkotik-antipiretik/ketorolac/efek-samping-dan-interaksi-obat

03 Juli 2022, 05:36
Terimakasih bnyk dok atas sharingny🙏🏻
01 Juli 2022, 19:07
Nyeri ulu hati yg hebat pada gastritis akut karena spasme otot gaster,jd terapi yg tepat adalah antispasmodik utk nyerinya,PPI utk gastritisnya.Terapi eradikasi bila dicurigai H.Pylori.
03 Juli 2022, 05:37
Bener sekali dok, saya jg sependapat dg jawaban dokter, terimkasih infony 🙏🏻
03 Juli 2022, 08:09
dr.Wulan P J Kaunang_WPJ Kaunang
dr.Wulan P J Kaunang_WPJ Kaunang
Dokter Umum - Kecantikan
Alo dok terima kasih sharingnya.Bolehkah dibagi info untuk jenis obat generik tersebut yg masuk dalam KIS/ BPJS .Terima kasih