Pemberian Antikoagulan & Evaluasi D-Dimer pada Koagulopati COVID-19 - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Santi, SpPD-KHOM. Izin bertanya dokter, pertama bagaimana rekomendasi untuk evaluasi D-Dimer pada pasien COVID-19? Apakah dilakukan pada semua...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian Antikoagulan & Evaluasi D-Dimer pada Koagulopati COVID-19 - Penyakit Dalam Ask The Expert

    09 September 2021, 10:19

    Alo dr. Santi, SpPD-KHOM. 

    Izin bertanya dokter, 

    pertama bagaimana rekomendasi untuk evaluasi D-Dimer pada pasien COVID-19? Apakah dilakukan pada semua pasien? Kemudian perlu dievaluasi setiap berapa hari ya dok? 


    Kemudian kapan kita harus memulai terapi antikoagulan seperti pemberian Heparin, pada cutoff nilai berapa ya dok? Kemudian pemberiannya selama berapa lama dan apakah ada anjuran dosisnya dok? 


    Terima kasih dokter 

09 September 2021, 10:56
dr. Santi Christiani SpPDKHOM
dr. Santi Christiani SpPDKHOM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Hai dr Sani Hadiyan, terimakasih untuk pertanyaan nya,

1. Kalau berdasarkan beberapa guideline misalnya saya ambil dari ISTH (International Society on Thrombosis and Haemostasis), pemeriksaan koagulopati pada Covid19 terdiri dari parameter d-dimer, trombosit, PT, dan fibrinogen. Tentu saja berdasarkan ini semua pasien covid-19 wajib diperiksa d-dimer . Dokter bisa memeriksakan secara berkala, tiap 48-72 jam. kalau pada praktek saya biasa memeriksakan tiap 72 jam.

2. Sebenarnya ada beberapa guideline seperti ISTH, ESC dll. Kalau berdasarkan ISTH, pemberian profilaksis antikoagulan dapat dimulai pada saat covid19 gejalavberat atau nilai d-dimer>3x nilai normal atau nilai SIC (score induced coagulopathy) ≥4 lalu, dilanjutkan penilaian risiko perdarahan menggunakan IMPROVE score, apabila risiko perdarahan rendah yaitu <7 maka bisa dimulai pemberian antikoagulan profilaksis. kalau melihat ESC, pemberian antikoagulan profilaksis bisa diberikan pada pasien yang dirawat dengan nila d-dimer >0,5mcg/mL. memang banyak modifikasi untuk penanganan koagulopati pada pasien covid19. Pemberian bisa diteruskan selama perawatan dan dapat dilanjutkan dirumah untuk sekitar 4-6 minggu. kalau dokter ingin memberikan Heparin bisa dimulai dengan dosis profilaksis 2-3x5000sc. Terimakasih, semoga membantu.

09 September 2021, 10:57
Terima kasih dr. Santi atas jawabannya, sangat lengkap dan membantu