Pemakaian Salep/Cream luka bakar pada Combustio - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodocs! saya ingin bertanya tentang pemakaian salep luka bakar seperti merk mebo®, burnazin®, dll, 1. Kapan sebaiknya diberikan ya dok?Apakah hanya boleh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemakaian Salep/Cream luka bakar pada Combustio

    30 Desember 2018, 15:35

    Alodocs! 

    saya ingin bertanya tentang pemakaian salep luka bakar seperti merk mebo®, burnazin®, dll, 

    1. Kapan sebaiknya diberikan ya dok?Apakah hanya boleh diberikan pada combustio grade 1 saja atau bisa pd grade 2 dan 3 jg?

    2. Pada combustio grd 2 yg ada bula, setelah kita lakukan aspirasi, apakah lukanya itu bisa dioleskan salep luka bakar juga, atau hanya kompres NaCl ya dok? 

    3. Apakah pemakaian extract plasenta untuk menghilangkan bekas luka, salah satunya luka bakar masih direkomendasikan dok? 

    Mohon pencerahannya dok, terimakasih 🙏

30 Desember 2018, 18:33

baik dokter,perlu diketahui perawatan Luka apapun termasuk Luka bakar harus dibuat kondisi moist atau dipertahankan kondisi kelembapan disekitar luka tsb. bahan yang disebutkan diatas semuanya bisa membantu Luka dalam keadaan moist meski fungsi utamanya tergantung bahan aktif dari salep atau krim tsb.1. perlu diketahui mebo sendiri penggunaannya Masih kontroversi namun pada kasus Luka bakar saya cenderung menggunakannya Setelah luka dimedikasi atau luka dilakukan debridement. fungsi mebo® sendiri selain menjaga kelembapan Luka juga bisa untuk meredakan rasa nyeri, dan menyerap sisa panas pada area luka. mebo sendiri tidak memiliki kandungan antibiotik. burnazin® sendiri mengandung silver. silver sampai saat ini dapat dimanfaatkan sebagai antibiotics dan belum pernah Ada laporan terdapat resisten. keduanya bisa digunakan pada grade berapa Saja. khusus untuk gr III yang memang kadang butuh eskarotomy, atau yg memang kebanyakan memerlukan skingraft untuk penutupan luka tsb bisa digunakan setelah debridement awal, Setelah skingraft biasanya saya memberikan mebo® dan juga tulle guna menjaga kelembapan Luka tsb. untuk penggunaan silver saat ini sudah terdapat silver nano yang memang jauh lebih Baik dibandingkan salep yg mengandung silver.2. untuk pertanyaan ini sebenarnya diberikan apapun yang penting pertahankan kondisi moist tadi. jika hanya diberikan NaCl Saja maka hanya didapatkan kondisi moist Saja berbeda dengan pemberian salep yg mengandung bahan aktif.3. dengan perawatan Luka bakar yang baik sebenarnya Luka akan sembuh dengan baik. yang perlu diperhatikan adalah Luka pada sendi dimana pasien cenderung mempertahankan posisi dalam posisi flexy yang akhirnya bisa menimbulkan kontraktur. pencegahan kontraktur ini yg banyak dilupakan dokter dalam perawatan luka bakar.

30 Desember 2018, 19:23
Trimakasih sharingnya dokter 🙏 apa ada perlakuan khusus untuk combustio di sendi selain yang dokter sebutkan dok? 
31 Desember 2018, 09:48
Sangat bermanfaat Dok
31 Desember 2018, 16:02
dr.A Rafli, SpA
dr.A Rafli, SpA
Dokter Spesialis Anak
thanks dr.Andrio.Walaupun beda spesialisasi, sangat bermanfaat🙏
30 Desember 2018, 18:44
dr.Andrio Prabowo,SpB
dr.Andrio Prabowo,SpB
Dokter Spesialis Bedah

Selamat malam dok. Pemilihan obat salep topikal pada luka bakar ditentukan oleh kedalaman luka bakar tersebut

Pada luka bakar superficial(epidermal dan mid dermal atau istilah lama grade 1 dan 2a)

Disini luka bakar dapat sembuh spontan melalui proses epitelisasi. Salep topikal yg kita berikan tujuannya untuk memfasilitasinya dan mencegah infeksi, sehingga dapat diberikan baik salep mebo®, extract plasenta, atau bahkan salep antibiotik biasa

Pada luka bakar deep(deep dermal atau full thickness atau grade 2b, 3) lapisan kulit disini sudah mengalami koagulasi yang disebut dengan eskar. Pada tahap ini dibutuhkan salep yg mampu menembus eskar tersebut, yakni obat seperti burnazin® yang berisi silver sulvadiazin. Tujuan nya agar eskar dapat lebih lunak dan dapat membantu tindakan selanjutnya yakni debridemen

30 Desember 2018, 19:23
Trimakasih sharing ilmunya dokter,sangat bermanfaat 🙏
30 Desember 2018, 20:09

iya, pada sendi dan diluar sendi tentu saja berbeda. pada sendi pastikan posisi pasien dipertahankan pada posisi yang tidak menimbulkan kontraktur kemudian hari. posisi tersebut kebanyakan dicegah untuk tidak flexy.pada posisi yang dianjurkan seperti gambar terlampir. misalnya pasien hanya terdapat luka bakar pada leher tanpa Ada gangguan lainnya seperti fracture cervical maka posisi leher sebaiknya dalam keadaan ekstensi/hiperekstensi, Dan posisi tubuh yang tidak terkena Luka bakar maka bisa dalam posisi normal yang nyaman buat pasien.selain itu jika diperlukan skingraft maka sebaiknya pada sendi tsb dipastikan skingraft donor take 100%.

30 Desember 2018, 20:26
siaap dokter, trimakasih sharing ilmuny dok, sangat bermanfaat 🙏
31 Desember 2018, 09:17
Terimakasih dokter ilmunya