Berapa lama obat yang sudah dibuka bisa dipakai kembali? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya ya dok. Berapa lama obat sirup yang sudah dibuka boleh dipakai kembali? Dan jika disimpan di dalam suhu tertentu, apakah tetap boleh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Berapa lama obat yang sudah dibuka bisa dipakai kembali?

    05 Desember 2019, 20:13

    Alodokter, izin bertanya ya dok. Berapa lama obat sirup yang sudah dibuka boleh dipakai kembali? Dan jika disimpan di dalam suhu tertentu, apakah tetap boleh dipakai selama expired date obat belum habis? Dan apakah ada efek samping jika obat yang sudah dibuka beberapa bulan dipakai kembali selama belum melewati expired date?

05 Desember 2019, 21:29

Alo Dok,

Mungkin harus dilihat juga Dok, obat apa yang dimaksud, bagaimana cara penyimpanannya dan apakah ada label yang menyatakan berapa lama obat tersebut boleh disimpan. Dari artikel berikut (link:https://www.nhs.uk/common-health-questions/medicines/why-do-medicines-have-expiry-dates/), misalnya seperti antibiotik racikan biasanya hanya boleh disimpan 7 hari setelah dibuka. Jadi harus dilihat kriteria-kriteria yang sudah saya cantumkan sebelumnya, karena kalau penyimpanannya kurang baik (obat tidak ditutup rapat, tidak disimpan di suhu yang dianjurkan), tentunya obat yang disimpan sebaiknya tidak dikonsumsi. Begitu juga dengan obat yang sudah lama disimpan, kalau tidak disimpan dengan baik, sebaiknya tidak lagi dikonsumsi.

Semoga bermanfaat.

06 Desember 2019, 22:28
Baik dok, terima kasih ya dok😊🙏
07 Desember 2019, 08:49
Nice sharing Dok 
07 Desember 2019, 04:47
Ikut menyimak dok.
Terima kasih 
07 Desember 2019, 06:29
Alo Dok,

Biasanya boleh dikonsumsi lagi setelah 2-4 minggu pasca dibuka dok, tapi jika jenisnya antibiotik baiknya langsung dibuang setelah selesai digunakan dan biasanya tdk boleh digunakan lebih dari 7 hari (terutama yg model dry syrup). Tapi perlu dilihat juga dok penampakan obatnya, jika obatnya sudah bergumpal, berubah warna atau berbau sebaiknya jangan digunakan krn mgkn obat sudah rusak akobat penyimpanan obat tdk baik.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai obat bentuk tetes dan salep mata ya dok: http://yankes.kemkes.go.id/read-lebih-akrab-dengan-obat-mata-1364.html

Semoga membantu dok,
08 Desember 2019, 22:40
dr. Novandra Abdillah, SpPD
dr. Novandra Abdillah, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Bahasan yg menarik 👍