Pati garut untuk tukak lambung pada penderita diabetes apakah sudah terbukti secara klinis manfaatnya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Di lingkungan keluarga saya sedang tren mengobati luka lambung/ maag dengan pati garut, rata2 yg mengkonsumsi ini para orang tua 50 th keatas. Beliau2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pati garut untuk tukak lambung pada penderita diabetes apakah sudah terbukti secara klinis manfaatnya

    26 November 2020, 21:18
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Di lingkungan keluarga saya sedang tren mengobati luka lambung/ maag dengan pati garut, rata2 yg mengkonsumsi ini para orang tua 50 th keatas. Beliau2 percaya bahwa pati dapat melapisi lambung yg luka jika dikonsumsi sebelum makan.

    Izin bertanya dok, apakah sebenarnya mengkonsumsi pati garut ini dapat bermanfaat untuk lambung? Dan apakah aman untuk penderita diabetes? Karena menurut yg saya baca tepung pati memiliki karbohidrat komplek yg susah dipecah sehingga tidak meningkatkan kadar glukosa secara cepat.

    Terimakasih dokter 🙏

26 November 2020, 21:41
Alo Dokter,
Izin ikut berdiskusi ya dok. Untuk literatur khusus pati garut dan efeknya pada pasien dengan ulkus peptikum saya belum menemukan dok.Namun justru saya menemukan bahwa intervensi diet dengan mengurangi pati dan sukrosa dapat mengurangi gejala baik gastrointestinal maupun ekstraintestinal pada pasien IBS dok. Berikut literaturnya dok https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6682926/Mungkin ada TS sejawat lain yang sudah menemukan evidence terkait pati garut ini dok?