Pasien kontrol dengan riwayat hipertensi ensefalopati - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Saya memiliki pasien datang untuk kontrol dengan riwayat hipertensi tidak terkontrol dg komplikasi ensefalopati yang telah dirawat dirumah sakit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien kontrol dengan riwayat hipertensi ensefalopati

    01 Oktober 2021, 23:54
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dokter. Saya memiliki pasien datang untuk kontrol dengan riwayat hipertensi tidak terkontrol dg komplikasi ensefalopati yang telah dirawat dirumah sakit 2mgg yll. Keluhan saat ini pasien hanya merasakan sedikit kebas sewaktu". Pertanyaan saya adalah obat antihipertensi apa yang sebaiknya saya berikan mengingat beberapa obat hipertensi dpt menurunkan CBF?

    Terimakasih

02 Oktober 2021, 07:26
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Anonymous,

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan diagnosisnya.

 

Karena gejala ensefalopati hipertensi umumnya berupa nyeri kepala, gangguan kesadaran, gangguan visus, dan kejang. Kebas tidak termasuk di dalamnya. 

 

Apabila memungkinkan dilakukan MRI kepala tanpa kontras untuk memastikan diagnosis, apakah ensefalopati hipertensi atau justru malah suatu stroke iskemik, atau kebas karena neuropati perifer. Tiap diagnosis ini memiliki penanganan yang berbeda.

 

Untuk penurunan tekanan darah sendiri, memang dilakukan secara bertahap. Pada fase akut tekanan darah sebaiknya tidak diturunkan terlebih dahulu untuk menjaga flow dan perfusi ke otak.

Apabila sudah 2 minggu sebenarnya sudah melewati fase akut, sehingga tekanan darah boleh diturunkan bertahap hingga normal dengan jenis antihipertensi seperti pada guideline hipertensi pada umumnya.

 

 

Terima kasih.