Paracetamol suppos apakah aman diberikan pada neonatus usia 7 hari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin berdiskusi terkait pemberian paracetamol suppos. Terdapat kasus dimana bayi usia 7 hari demam 39C. Saat itu keluarga meminta pertolongan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Paracetamol suppos apakah aman diberikan pada neonatus usia 7 hari

    10 Juni 2021, 17:41

    Alodokter, izin berdiskusi terkait pemberian paracetamol suppos. Terdapat kasus dimana bayi usia 7 hari demam 39C. Saat itu keluarga meminta pertolongan demam dirumah dahulu sebelum dibawa ke pelayanan kesehatan. Pasien disarankan langsg ke pelayanan kesehatan tanpa menunda.

    Awalnya sejawat menyarankan pemberian paracetamol suppos utk mengatasi demam tinggi neonatus. namun sejawat yg lain mengetahui dri dsa, bahwa paracetamol supp tdk d sarankan utk bayi, namun blum tahu alasannya.

    Sya berdiskusi dgn sejawat trsebut, apakah tdk disarankannya paracetamol suppos terkait dosis obat yang kecil (mengingat bayi BB newborn) dosis yang kecil menyulitkan sbgai pemberian awal dirumah. Sedangkan terdpat literatur yang menunjukkan dosis obat paracetmol supp utk bayi newborn. Mengingat paracetamol supp lebih cpat menurunkan demam.

    Mohon masukannya🙏

10 Juni 2021, 17:55
Mengingat umur dan bb bayi newborn sangat kecil dibanding sediaan paracetamol supp sebaiknya diganti dg sediaan per oral contohnya paracetamol drop disertai kompres air hangat kuku di leher dan ketiak bayi dapat membantu menurunkan panas bayi dalam rangka pertolongan pertama sebelum ke dokter.
10 Juni 2021, 18:39
Iya dok, brrti menurut dokter jga penggunaan supp terbatasi pada newborn terkait dosisnya mengingat BB nya ya dok.
Saya masih blum dapat literatur batas BB yang dapat supp digunakan pada newborn. Walaupun spantasnya newborn demam sdh perlu di atasi diatas 37.5. Shingga masih dpat dgn peroral. Namun apabila terjdi dgn suhu 39 keatas, mungkinkah supp dpt diberikan di tempat layanan kesehatan (bukan dirumah) ya dok..
10 Juni 2021, 21:10
Terimakasih masukannya dok🙏
10 Juni 2021, 18:33
Alo dokter , ijin ikut berdiskusi ya dok ,
Saya juga pernah tau penggunaan parasetamol supp pada neonatus dan bayi itu dihindari , atas dasar pengalaman pribadi saat berobat ke DSA ya dok ..
Menurut DSA yang memberitahu saya , karena bisa merusak vaskular di area anus , bisa meningkatkan risiko konstipasi berulang , serta memberikan rasa trauma .. cmiiw 🙏
10 Juni 2021, 21:03
Terimakasih dokter🙏Dok apkh ad pnjlasan lnjutan usia brp mulai aman diberikan y dok?
10 Juni 2021, 21:08
Kalo menurut DSA ybs , diatas 1 th dok ..
Beliau memang lebih cenderung memberikan parasetamol oral atau intravena dok ..
Hnya saja , memang saya sampai saat ini blm menemukan literatur yg sesuai dok ..
10 Juni 2021, 21:09
Baik dok, terimakasih dokter🙏
10 Juni 2021, 21:10
Terima kasih kembali dokter  .. 🙏🙏
12 Juni 2021, 01:29
Alo Dokter,
Saya setuju untuk neonatus diberikan yg oral saja dok utk pemberian di rumah krn dosis sediaan suppositoria sangat besar dan berisiko menyebabkan toksisitas. (?aksimal dosis paracetamol harian pada bayi kurang dari 3 bln adalh 60 mg/hari sementara sediaan suppositoria dosisnya 125 mg dan 250 mg). Pada anak, sediaan rektal bisa diberikan jika anak muntah terus atau terjadi penurunan kesadaran yg membahayakan bila anak diberikan sediaan oral. IMHO, sediaan supositoria tdk lebih superior dibandibg yg oral dok, krn semua pemberian obat didasarkan pada bb anak. Walaupun diberikan secara rektal bisa saja anak tetap demam (subfebris) atau kembali demam setelah melebihi durasi kerja obat (olah krn itu paracetamol boleh diulang tiap 4-6 jam).Ref: Penanganan Demam Anak IDAI
12 Juni 2021, 04:32
Terimakasih dok