Operasi rekonstruksi kontraktur akibat luka bakar - Bedah Plastik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Erythrina SpBP, ijin bertanya.. Seberapa efektif operasi rekonstruksi kontraktur sendi akibat luka bakar? Apakah akan dapat 100% pergerakan nya?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Operasi rekonstruksi kontraktur akibat luka bakar - Bedah Plastik Ask the Expert

    07 September 2021, 13:36

    ALO dr. Erythrina SpBP, ijin bertanya.. Seberapa efektif operasi rekonstruksi kontraktur sendi akibat luka bakar? Apakah akan dapat 100% pergerakan nya? Pasien wanita usia 32 tahun, kontraktur elbow kiri akibat luka bakar sekitar 7 tahun lalu. Terimakasih

07 September 2021, 14:13
dr.Erythrina Permata Sari
dr.Erythrina Permata Sari
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Alo dr. Hudiyati, terima kasih pertanyaannya.

Operasi release kontraktur sebaiknya segera dikerjakan setelah mulai terjadi gangguan fungsi sehingga diharapkan setelah operasi dilanjutkan dengan fisioterapi yang baik, pasien dapat kembali beraktifitas / menggerakkan bagian yang kontraktur seperti sebelumnya. Apabila tatalaksana ini terlambat fungsi akan sulit / perlu usaha lebih banyak untuk dapat kembali seperti semula.

Pada pasien Dokter :

1. perlu diidentifikasi penyebab luka bakarnya (air panas, api, listrik, kimia) karena akan mempunyai prognosis yang berbeda.

2. Kontraktur fleksi atau ekstensi dan gangguan ROMnya seberapa parah. ROM yang minimal akan sulit tentunya ditatalaksana dibandingkan yang mendekati normal.

3. Kejadian 7 tahun yang lalu juga mempengaruhi prognosis. Otot, tendon, pembuluh darah dan saraf bisa sudah memendek sehingga dalam melakukan operasi release kontraktur harus bertahap, tidak bisa langsung mencapai normal karena dapat mengganggu vitalitas dari ekstremitas tersebut.

Namun dengan dilakukan release kontraktur tetap dapat memperbaiki fungsi dari ekstremitas atas tersebut sehingga diharapkan kualitas hidupnya lebih baik.

Terima kasih Dok, semoga dapat bermanfaat diskusi ini

07 September 2021, 14:36

terimakasih dokter.. sangat lengkap penjelasannya

07 September 2021, 16:19
dr.Erythrina Permata Sari
dr.Erythrina Permata Sari
Dokter Spesialis Bedah Plastik

Terima kasih kembali Dok :)