Pasien anak dengan TB paru mengeluh muntah saat diberi OAT - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin bertanya kepada TS semuaAda user seorang Ayah dari anak umur 1 tahun dengan pengobatan TB Paru selama 2 minggu (sepertinya fase intensif)....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak dengan TB paru mengeluh muntah saat diberi OAT

    25 September 2020, 10:08

    Alo dokter izin bertanya kepada TS semua


    Ada user seorang Ayah dari anak umur 1 tahun dengan pengobatan TB Paru selama 2 minggu (sepertinya fase intensif). Nah pukul 8 pagi sebelum si anak makan apapun memberikan OAT dalam bentuk puyer ke anaknya, 1 jam kemudian si anak muntah dan muntahannya berwarna merah oranye seperti warna obatnya.


    Pertanyaannya apakah perlu minum ulang atau lanjut dosis obat besok ya dok? Karena rataยฒ absorbsi obat di lambung berjalan 30-60 menit setelah diminum.


    Btk ๐Ÿ™๐Ÿป

25 September 2020, 13:21

Alo dokter,

Sebagian besar obat anti TB (OAT) peroral memberikan efek samping mual dan muntah. Pendapat saya, sebaiknya obat tidak diulang tetapi orang tua harus kembali ke dokter yang memberikan OAT untuk membahas efek samping yang timbul tersebut.

Referensi: https://www.alomedika.com/menangani-efek-samping-terapi-tuberkulosis

25 September 2020, 20:25

Alo Dok,

Bila muntah terjadi lebih dari 30 menit tidak perlu diulang dok. Mungkin utk mengurangi mualnya bisa dicampur dgn sedikit makanan atau diubah jam pemberiannya menjadi sebelum tidur.

 

Ref: PNPK Tb 2019