Pasien wanita usia 24 tahun dengan vagina kering - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya kedatangan pasien wanita, usia 24 tahun, sudah menikah 3 tahun, dengan keluhan vagina kering sejak 3 bulan ini. Keluhan tetap terjadi ketika...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 24 tahun dengan vagina kering

    02 Agustus 2022, 13:27
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya kedatangan pasien wanita, usia 24 tahun, sudah menikah 3 tahun, dengan keluhan vagina kering sejak 3 bulan ini. Keluhan tetap terjadi ketika pasien tidak sedang menstruasi

    Saat ditelusuri, pasien 3 bulan terakhir tidak ada riwayat penyakit, sehingga tidak sedang mengkonsumsi obat maupun jamu, kecuali obat haid kiranti yang dikonsumsi nya 3 bulan terakhir ini untuk meredakan nyeri paska haid. Pasien juga tidak sedang menggunakan sabun khusus. Kontrasepsi yang digunakan pasien adalah kalender.

    Tidak ditemukan masalah psikologis bermakna pada hubungan suami dan istri, bahkan mereka datang bersamaan.

    Kira kira penyebab nya apa sejawat sekalian? Saya baru kali ini menemukan kasus seperti ini. Umum nya penyebab masalah tersebut terkait iritasi seperti sabun, masalah psikologis, maupun hormonal. Namun tidak berhasil saya temukan pada pasien ini.

    Apakah obat haid kiranti itu berefek, atau hanya kebetulan saja?

    Adakah indikasi rujukan pada kasus seperti ini?

    Banyak terimakasih teman sejawat.

09 Agustus 2022, 13:39

ALO Dokter, ikut berdiskusi ya Dok, untuk efek samping dari minuman kiranti itu saya kurang tau ya dok, karena bersifat herbal, setau saya efek sampingnya lebih ke mual atau nyeri perut dan diare. Namun, untuk masalah vagina keringnya perlu dicari tau apakah ada masalah ketidak seimbangan hormon estrogen, karena dari sumber yang saya baca estrogen merupakan hormon yang membantu menjaga kelembapan area vagina. Selain itu, penyebab yg cukup sering dari vagina kering bisa disebabkan durasi foreplay yang kurang. Bila memang tidak ada masalah hormon atau lainnya, mungkin pasutri ini juga bisa disarankan untuk menggunakan water based lubricants saat berhubungan untuk menangani kondisi vagina kering ini. Demikian, smg membantu.