Apakah obat batuk yang aman dalam kehamilan? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi Ts. Kita tentu sering mendapatkan pertanyaan dari user mengenai obat batuk pada kehamilan yang aman.Biasanya saya tentu menyarankan untuk minum...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah obat batuk yang aman dalam kehamilan?

    06 Maret 2019, 09:05

    Selamat pagi Ts. 

    Kita tentu sering mendapatkan pertanyaan dari user mengenai obat batuk pada kehamilan yang aman.

    Biasanya saya tentu menyarankan untuk minum cukup, tingkatkan gizi, buah sayuran, istirahat, minum madu lemon, atau jika menetap diperiksa kan ke dokter.

    Biasanya obat yang aman yang diberikan pada kehamilan, guanifesin atau dextrometorphan. Pertanyaan nya, selain kedua obat tsb, apakah ada obat lain yang lebih baik namun aman pada ibu hamil? 

    Terima kasih ts 🙏

06 Maret 2019, 09:34

ALo dokter!

sama dengan dr Andrew, biasanya untuk Ibu hamil, saya juga tidak menyarankan untuk minum obat-obat batuk terutama obat over the counter, tetapi kalau memang gejalanya sudah berat dan pertimbangan risk benefitnya masih Ok, biasanya memang saya memberikan seperti guiafenesin. Ada satu sumber bacaan yang menyatakan kebanyakan obat-obat flu dan batuk OTC, tidak diketahui atau belum ada penelitiann mengenai keamanannya, ini yang membuat dokter-dokter sungkan untuk memberikan, namun kalau diberikan hanya dalam jangka waktu pendek dan tidak berkelanjutan, maka tidak akan memberikan pengaruh buruk jangka panjang untuk janin (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2377219/)

Ini ada beberapa sumber yang dapat dijadikan acuan untuk pengobatan flu dan batuk selama kehamilan, Dok... Oh ya, sekarang kita juga dapat menyarankan untuk melakukan vaksinasi influenza :) 

https://www.cdc.gov/flu/protect/vaccine/pregnant.htm

https://www.cdc.gov/pregnancy/meds/treatingfortwo/treatment-guidelines.html

https://www.aafp.org/afp/2003/0615/p2517.html

 

06 Maret 2019, 10:25
Baik dokter, terima kasih atas informasinya 🙏
06 Maret 2019, 09:48
Alo Dok, sepengetahuan saya kedua obat tersebut tergolong C. Kalau saya pribadi, jika mendapatkan pasien seperti itu dan batuk tidak terlalu mengganggu saya akan menganjurkan utk terapi suportif dgn menggunakan bahan alami misalnya wedang jahe, madu, perasan jeruk nipis.

Mengenai pemilihan obat dalam kehamilan, dokyer bisa melihat melalui link ini https://www.researchgate.net/publication/5249168_An_overview_of_over_the_counter_drugs_in_pregnancy_and_lactation/download.

Atau bisa juga melalui pedoman yang dikeluarksn oleh kemenkes 
http://pio.binfar.depkes.go.id/PIOPdf/PEDOMAN_IBU_HAMIL.pdf

Semoga membantu dok,
06 Maret 2019, 10:25
Baik dokter, terima kasih atas informasinya 🙏
06 Maret 2019, 09:51

Alo Dok

Seperti yang kita tau bersama, batuk juga lebih banyak disebabkan oleh infeksi virus, sehingga tidak diapa-apakan juga akan sembuh dengan sendirinya. Untuk wanita hamil, seperti yang dr. Andrew katakan juga, lebih disarankan untuk lebih banyak istirahat, minum cukup, makan cukup, minum madu, lemon, jahe. Satu lagi yang bisa direkomendasikan adalah penggunaan humidifier (pelembab udara).

Berikut rangkuman beberapa obat untuk common cold di ibu hamil dari uptodate (saya lampirkan yang ada obat-obat batuknya saja ya).

Kalau dari tabel tersebut, obat batuk seperti codein, dextrometorphan, guaifenesin, benzonatate, hydrocodone tidak terlalu efektif untuk mengatasi batuk pada common cold pada ibu hamil di RCT (randomized control trial).

 

 

 

06 Maret 2019, 10:24
Baik dokter, terima kasih atas informasinya 🙏