Dasar pemberian diklofenak pada penderita hypertensive heart disease - Diskusi Dokter

general_alomedika

alo! Izin bertanya, mengenai penggunaan nsaid Natrium dicofenac pada penderita HHD efektiftasnya sperti apa? Pada beberapa pasien HHD yg sudah program rujuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Dasar pemberian diklofenak pada penderita hypertensive heart disease

    14 Februari 2020, 13:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    alo! 

    Izin bertanya, mengenai penggunaan nsaid Natrium dicofenac pada penderita HHD efektiftasnya sperti apa? Pada beberapa pasien HHD yg sudah program rujuk balik (PRB) Mendpat na diclofenac sebagai obat rutin yg dikonsumsi.


    btk.

14 Februari 2020, 15:04
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter!

Sepertinya diklofenaknya bukan untuk HHD. Justru obat antiinflamasi nonsteroid seperti diklofenak akan meningkatkan risiko infark miokard hingga kematian pada pasien sehingga harus dihindari pada pasien dengan faktor risiko kejadian kardiovaskular.

https://www.alomedika.com/hindari-penggunaan-nsaid-pada-orang-dengan-faktor-risiko-kejadian-kardiovaskular

Satu-satunya obat antiinflamasi nonsteroid yang tidak menyebabkan risiko ini adalah aspirin. Jadi jika pasien memang membutuhkan analgesik, mungkin bisa dipertimbangkan untuk memberikan paracetamol atau aspirin.

14 Februari 2020, 21:52
Alo dokter,

Sepengetahuan saya NSAID seperti diclofenac cenderung memiliki hubungan dengan peningkatan risiko kejadian trombotik kardiovaskular, miokard infark, stroke, dsb.

Selain itu, dalam jurnal yang terlampir dikatakan, NSAID dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada pasien hipertensi dengan pengobatan anti-hipertensi yang menghambat mekanisme inhibisi Renin-Angiotensin-Aldosteron (RAA).

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5422108/

Strategi alternatif penangan pasien dengan nyeri disertai penyakit kardiovaskular yang lebih aman mungkin bisa dengan terapi fisik, analgesik topikal, asetaminofen (aspirin), atau opioid (tramadol, morfin, dsb).

https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/CIRCOUTCOMES.109.870766
15 Februari 2020, 08:42
Alodok.

Natrium diklofenak merupakan salah satu obat yg termasuk ke dalam golongan NSAID.

Di dalam guideline, tidak tertera NSAID ke dalam pengobatan HHD. Pada HHD, diberikan obat hipertensi seperti ACEi, ARB, beta bloker, dan atau diuretik.

Justru, pada HHD atau CHF, sebaiknya berhati2 penggunaan NSAID karena dapat menyebabkan retensi natrium sehingga teknanan darah dapat naik dan progresivitas penyakit memburuk.

Sebagai anti nyeri, dapat dipertimbangkan penggunaan asetaminofen/parasetamol.

Sumber: NSAIDs and heart failure: A dangerous relationship.