Anak yang lahir dari ibu dengan tuberculosis paru - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Wahyuni SpA (K)Izin bertanya, Dok. Anak yang lahir dari ibu yang memiliki TB paru, apa saja yang harus dipertimbangkan untuk memutuskan: 1. Apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anak yang lahir dari ibu dengan tuberculosis paru - Anak Ask the Expert

    16 Juli 2021, 11:09

    Alo dr. Wahyuni SpA (K)

    Izin bertanya, Dok. Anak yang lahir dari ibu yang memiliki TB paru, apa saja yang harus dipertimbangkan untuk memutuskan: 

    1. Apakah anak dan ibu harus dipisahkan dulu?

    2. Apakah ibu boleh memberikan direct breastfreeding?

    Terima kasih Dok

16 Juli 2021, 11:12
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Alo dr. Meva,

1. Jika ibu sudah diobati dan termasuk TB sensitif obat (bukan TB resisten obat), maka anak dan ibu tidak perlu dipisah namun ibu harus mengupayakan pencegahan penularan TB dengan menggunakan masker pada saat menyusui, tidak membuang sputum sembarangan. Pada bayi yang sehat dengan ibu TB perlu diberikan pengobatan pencegahan (profilaksis).

2. Pada ibu dengan TB sensitif obat, boleh menyusui langsung. Namun pada ibu dengan TB resisten obat, sebaiknya ibu dan bayi dipisahkan dan tidak menyusui langsung.

16 Juli 2021, 11:17
Terima kasih Dokter, izin bertanya lagi. Apakah lama pengobatan ibu berpengaruh? Adakah minimal waktu pengobatan sebelum ibu dan bayi tidak perlu dipisahkan?
16 Juli 2021, 12:08
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Alo Dr Meva,

Kurun waktu yang dainggap sudah tidak infeksius adalah 2 bulan pengobatan, jadi kalau ibu sudah diobati 2 bulan maka lebih aman. Namun jika anak mendapat profilaksis dan ibu dipastikan mampu diedukasi terkait pencegahan penularan maka anak dan ibu tidak perlu dipisahkan

16 Juli 2021, 12:09
Terima kasih banyak Dokter 🙏🏻