Bayi usia 4,5 bulan dengan keluhan muntah darah campur liur - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya. Bayi perempuan usia 4,5 bulan. Bb 6,5kg. Kel tiba2 seperti refluk muntah darah segar sedikit dan bercampur lendir liur -+ 1cc....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bayi usia 4,5 bulan dengan keluhan muntah darah campur liur

    01 November 2020, 01:54

    Alo dok, izin bertanya. Bayi perempuan usia 4,5 bulan. Bb 6,5kg. Kel tiba2 seperti refluk muntah darah segar sedikit dan bercampur lendir liur -+ 1cc. Keadaan posisi tidur malam hari, perut kosong. Riw sakit -, susu sufor +, riw bab biasa nya warna kuning biasa campur abu2 pekat(susu sufor) . Keluhan lain2 disangkal... kira2 apakah ini normal terjadi atau berbahaya ya dok, mohon arahan untuk pemeriksaan bila diperlukan. Trimakasih sejawat ..

02 November 2020, 08:21

Alo, Dokter!

Izin ikut berdiskusi, ya. Muntah darah pada bayi bisa disebabkan oleh kondisi yang serius maupun kondisi yang tidak serius. Contoh kondisi yang tidak serius dan umum terjadi adalah muntah darah karena ada "cracked nipple" pada ibu sehingga ada darah yang tertelan. Sementara itu, contoh kondisi lebih serius adalah perdarahan saluran cerna atas, GERD, atau alergi protein susu. Untuk membedakan apakah darah dari bayi atau ibu, biasanya dilakukan tes alkali denaturasi (Apt test) dan juga pemeriksaan nipple pada ibu.