Penyebab leukopenia pada pasien wanita berusia 43 tahun yang rutin mengonsumsi OAT kategori 1 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter!Selamat pagi dok, ijin share kasus, perempuan 43 th dengan keluhan awal MRS mual muntah sejak seminggu namun dikatakan memberat hari ini dengan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyebab leukopenia pada pasien wanita berusia 43 tahun yang rutin mengonsumsi OAT kategori 1

    03 November 2019, 07:49

    Alodokter!

    Selamat pagi dok, ijin share kasus, perempuan 43 th dengan keluhan awal MRS mual muntah sejak seminggu namun dikatakan memberat hari ini dengan muntah sebanyak 5 kali berisi makanan. Demam tidak ada, keluhan lain tidak ada. Pasien saat ini sedang mengonsumsi OAT kategori 1 karena Limfadenitis TB nya sejak 17 hari yll, namun minum tidak sesuai jadwal. Saat dicek lab, Leukosit menunjukkan 2,15 dan neutrofil 1,05 (sesuai satuan). Hasil lab 17 hri yll menunjukkan leukosit dan neutrofil dbn. Pasien akhirnya dicek VCT dan Anti HIV hasilnya non reaktif. 


    Yang ingin saya tanyakan,

    1. Apakah leukopenia ini disebabkan oleh OAT kategori 1 yang diberikan ke pasien? 

    2. Melihat keluhan ini apakah OAT nya sebaiknya distop dulu dok?

    3. Jika OAT distop apakah kembali menggunakan kategori 1 atau kategori 2? 


    Mohon sharing ilmunya dokter, terimakasih 🙏

03 November 2019, 08:10
dr. Gina Amanda, Sp.P
dr. Gina Amanda, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Alodok,
Utk  mual dan muntah sehingga tidak ada asupan makanan yg masuk, OAT bisa distop sementara, dan bisa dilanjutkan setelah kondisi baik. Oya di sini hasil pemeriksaan dahak bagaimana? Dan utk saat ini, penggunaan OAT kategori 2 sudah tidak dipakai lagi ya. Selama hasil TCM sensitif maka bs digunakan OAT kat 1. Lagipula pd kasus ini juga penghentian obat bersifat sementara

Terkait kondisinya
1. Perlu cek fungsi hepar krn OAT bs menimbulkan gangguan fungsi hepar atau drug induce hepatitis.
2. Memang OAT spt rifampisin atau INH bs menyebabkan leukopeni
Namun sebagai diagnosis banding perlu jg dicari kemungkinan infeksi virus spt hepatitis atau yg lain sehingga terjadi keluhan2 tsb dan leukopeni