Pasien COVID-19 dengan mual dan jantung berdebar-debar setelah pemberian Favipiravir apakah tetap dilanjut - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya sekaligus berdiskusi. Saya memiliki pasien (+) covid19 gejala batuk pilek demam dan mendapatkan paket obat isoman dari klinik...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien COVID-19 dengan mual dan jantung berdebar-debar setelah pemberian Favipiravir apakah tetap dilanjut

    25 Februari 2022, 19:48

    Alo dokter, izin bertanya sekaligus berdiskusi. Saya memiliki pasien (+) covid19 gejala batuk pilek demam dan mendapatkan paket obat isoman dari klinik tempat saya bekerja. Paket obatnya kurang lebih sama dengan yg diberikan online dari KEMKES terdiri dari vitamin dan antivirus. Setelah pasien minum favipiravir dihari kedua mengeluh mual dan jantung berdebar-debar. Jika muncul keluhan seperti itu apakah sebaiknya favipiravir dihentikan atau tetap dilanjutkan sampai hari ke 5 (pengobatan habis)? Terimakasih

25 Februari 2022, 19:50
dr. Ida Melani Santoso, SpPD, FINASIM
dr. Ida Melani Santoso, SpPD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Lebih baik diganti saja dengan Oseltamivir 2x75 mg jika ada efek samping dengan Favipiravir
25 Februari 2022, 19:52
Terimakasih dokter 🙏