Keamanan metronidazole tablet selama masa haid - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin konsul ya..Apakah penggunaan metronidazole tablet selama masa haid untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh bakteri, diperbolehkan?Saya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan metronidazole tablet selama masa haid

    14 April 2019, 23:23

    Alodokter, izin konsul ya..

    Apakah penggunaan metronidazole tablet selama masa haid untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh bakteri, diperbolehkan?

    Saya mencoba mencari beberapa referensi, tetapi kebanyakan referensi international membahas mengenai metronidazole gel.Ā 

    Terimakasih banyak sebelumnya :)

14 April 2019, 23:46
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo TS

Penggunaan metronidazole berupa tablet biasa digunakan untuk mengobati sejumlah kasus infeksi akibat bakteri anaerob. Di bagian kebidanan dan kandungan, ini sering digunakan sebagai first line therapy untuk bacterail vaginosis dan trichomoniasis dgn kekuhan berupa abnormal vaginal discharge. Metronidazole diketahui dimetabolisme di hati dengan waktu paruh 6 sampai 8 jam. Dan ini tak ada keterkaitan apa sedang haid atau tidak, sehingga penggunaan obat ini tak masalah bila seorang perempuan sedang haid.

Semoga membantu dan mungkin TS lain ada yg mau menambahkan. 

Terima kasih
15 April 2019, 00:02
Baik dokter, terimakasih banyak atas informasinya šŸ™
15 April 2019, 21:27

Setuju dok efek untuk haidnya tidak berhubungan.
Urun diskusi juga, untuk penggunaan metronidazole dan antibiotik apapun, sebaiknya selalu ditanyakan riwayat alergi obat pasien, kalau bisa alo-anamnesis scr komprehensif dgn keluarga terdekat. 

Izin sharing pengalaman, prnh ketemu pasien remaja dgn haid, dan menyangkal adanya alergi obat, tapi setelah diberikan metronidazole... pasien mengalami reaksi alergi sehingga menyebabkan stressor berlebih dan malah memperpanjang interval menarche-nya. 

Setelah ditelusuri di rekam medis, alergi tidak ada, tapi setelah  alo-anamnesa dgn ortunya baru diketahui pernah terjadi reaksi alergi dan tidak dilaporkan ke dokter yg menangani sebelumnya. Sy kira karena ada efek metro pd haid, ttpi memang akibat alergi.