Penanganan seperti apa yang tepat untuk diberikan kepada pasien yang tachycardia yang disebabkan dari obat yang dikonsumsi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamu'alaikum... alodok izin bertanyaSaya dapati kasus pasien wanita 28 tahun dtg dgn kluhan dyspnea slama satu jam sblm msuk puskes. Setelah dipasang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan seperti apa yang tepat untuk diberikan kepada pasien yang tachycardia yang disebabkan dari obat yang dikonsumsi

    07 Oktober 2020, 03:39

    Assalamu'alaikum... alodok izin bertanya


    Saya dapati kasus pasien wanita 28 tahun dtg dgn kluhan dyspnea slama satu jam sblm msuk puskes. Setelah dipasang oksigen, saya anjurkan mnum salbutamol 4mg, methylprednisolone 4mg, CTM 4 mg, dan obat batu GG. Setelah satu jam mnum obat saat observasi di IGD pasien mengeluh palpitasi dan saat saya cek HR nya 130x dalam satu menit pdhl pasien sudah berkurang sesaknya. Sblm diberi obat Tensi 130/80, HR: 90x/i


    Pasien punya riwayat TB saat masih anak2


    Stelah saya lihat2 di medscape, adverse drug reaction methylprednisolone salah satunya tachycardia, apakah yg bisa saya lakukan untuk mengurangi efek obat ini?... atau dibiarkan saja sampai habis masa kerja obat?

07 Oktober 2020, 06:57
dr.Muhadir
dr.Muhadir
Dokter Umum
Izin diskusi dok ,pengalaman juga dipuskes dan fktp swasta  justru lebih banyak Salbutamol yang menyebabkan tachicardia lebih baik sy pilih aminophyllin tab atau injeksi sebagai bronchodilator  yang penting TD systole minimal 100 mmhg dok kecuali saat Nebulyzer baru kami berani gunakan salbutamol dok, demikian ,mungkin ada sejawat lain nambahkan
07 Oktober 2020, 06:59
dr. Agung Prabowo , Sp.PD, M.Kes, FINASIM
dr. Agung Prabowo , Sp.PD, M.Kes, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Setuju dok mungkin efek utama karena salbutamol, kalau methyl prednisolon dosis y rendah dok, saya biasa pakai pulse Dose aman aman saja