Pencegahan diabetes dengan metformin pada pasien yang sulit melakukan modifikasi gaya hidup - Diskusi Dokter

general_alomedika

Apakah Metformin efektif mencegah diabetes pada pasien prediabetes atau toleransi glukosa yang sulit melakukan modifikasi gaya hidup ?

Diskusi Dokter

30 November 2019, 21:57
Alo dokter?
Menurut prosedural kami, tatalaksana prediabetes lebih dianjurkan untuk perubahan lifestyle dahulu dan asupan makanan minuman sebagai nutrisi.
Juga penilaian HbA1c khas untuk mendeteksi nya. 
Bila memang diperlukan, pemberian insulin secara awal lebih diminati untuk sebagai pembantu pankreas dalam pemulihan dengan adanya "Beta cell rest" sehingga dengan pulihnya pankreas, bisa disesuaikan tappering off nya.
Salam.

earlier initiation of insulin therapy
30 November 2019, 22:14
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Diskusi yang menarik. Ijin bertanya dok, masih terkait metformin, apakah boleh memberikan metformin tanpa melakukan pemeriksaan terhadap status glikemik ? 

30 November 2019, 22:00
Alodok..

Prediabetes merupakan keadaan menuju diabetes jika tidak ditangani atau diintervensi lebih lanjut.

Sampai saat ini (mohon dikoreksi jika salah), panduan dari perkeni tidak ada memasukkan metformin ke dalam penanganan prediabetes. Utamanya prediabetes ditangani dengan perubahan gaya hidup, olahraga, dsb.

Tetapi saya menemukan informasi dari ADA bahwa metformin ditambahkan pada penanganan prediabetes pada kasus dengan obesitas, usia di atas 60 th, komorbid lain seperti hipertensi, dislipidemia.

Di pengalaman praktik sehari2, saya belum pernah juga menemukan metformin digunakan sebagai pengobatan kasus prediabetes.

Sumber:
Type 2 Diabetes Mellitus Treatment & Management
01 Desember 2019, 22:34
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Banyak dok sejawat yang meresepkan metformin pada pasien insulin resistance dalam praktek sehari-hari bahkan terkadang tanpa pemeriksaan status glikemik terlebih dahulu
30 November 2019, 22:26
dr.Reagan Paulus Rintar Aruan, Sp.PD
dr.Reagan Paulus Rintar Aruan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Pengalaman sehari hari. Orang di Indonesia lebih suka minum obat daripada mengubah gaya hidup. Mgkn bukan cuma di Indonesia ya. Jd menurut saya Metformin lebih cocok drpd gaya hidup pd praktek sehari hari

Sepertinya lebih butuh eduktor khusus(konselor diabetes selain dokter) dan seperti personal trainer untuk bisa berhasil merubah gaya hidup. Kalau cuma praktek sehari hari. Bisa dihitung pakai jari yang bisa ikut mengubah gaya hidup.
30 November 2019, 23:53
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih dok atas informasinya, pantas metformin sudah menjadi best seller walau baru insulin resistance atau prediabetes.