Menghadapi pasien yang Menolak Pemeriksaan HIV - Diskusi Dokter

general_alomedika

Salam Dokter sekalian, saya ingin bertanya. Pasien seorang wanita dengan riwayat suami pertama meninggal karena AIDS, lalu pasien sekarang memiliki suami...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Menghadapi pasien yang Menolak Pemeriksaan HIV

    17 September 2019, 14:52

    Salam Dokter sekalian, saya ingin bertanya. Pasien seorang wanita dengan riwayat suami pertama meninggal karena AIDS, lalu pasien sekarang memiliki suami kedua dan sedang hamil. Pasien selalu menolak dilakukan pemeriksaan darah dengan alasan takut. Sudah diusahakan edukasi, namun ps selalu menolak. Sekarang pasien memiliki gejala sariawan, diare kronis, dan penurunan BB, ps masih menolak pemeriksaan sehingga pemeriksaan wajib triple eliminasi juga sulit dilakukan. Bagaimana sikap profesional dan etis kita untuk kasus seperti ini? Apakah etis melibatkan suami pasien untuk membujuk pasien dengan konsekuensi privasi ps dengan susp hiv bisa diketahui? Terima kasih.

17 September 2019, 15:15

Alo Dokter,

Memang sejatinya kita harus merahasiakan kondisi pasien, namun dari seminar update HIV yang baru saja saya ikuti khusus pada pasien HIV kita wajib memberitahu pada keluarga pasien. Tujuannya : selain sebagai support system juga mencegah penularan lebih lanjut pada anggota keluarga lain (pada anak) atau pada populasi lain (jika nanti pasien meninggal lalu pasangannya menikah lagi). Pada pasien ini jelas merupakan pasien berisiko dan sudah mengarah pada gejala wasting syndrome, maka menurut saya harus ada keterlibatan keluarga termasuk suami pasien dalam hal ini. 

Dasar hukumnya boleh menurut KODEKI seperti yang telah saya SS berikut ini Dok: