Mengurangi rasa nyeri pada pasien saat melakukan pembersihan luka - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dok, ijin bertanya pada kasus-kasus trauma yang menyebabkan perlukaan dan luka tersebut harus dibersihkan, misalnya vulnus laceratum atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengurangi rasa nyeri pada pasien saat melakukan pembersihan luka

    21 November 2019, 06:20

    Selamat pagi dok, ijin bertanya pada kasus-kasus trauma yang menyebabkan perlukaan dan luka tersebut harus dibersihkan, misalnya vulnus laceratum atau excoriatum yang kotor dan berpasir, untuk mengatasi atau mengurangi nyeri ketika kita melakukan pembersihan luka, apa terapi yang bisa diberikan kepada pasien ya dok? 

    Lebih baik memberikan anti nyeri oral, injeksi, atau dengan lidocain topikal yang dioles di area yang nyeri? 


    Mohon sharingnya dokter, terimakasih 🙏

21 November 2019, 06:40
dr. Fitri Utami SpDV
dr. Fitri Utami SpDV
Dokter Spesialis Kulit
Sebaiknya lidocain topikal tidak diberikan pada luka terbuka..
22 November 2019, 10:42
dr.khalikul razi, SpB
dr.khalikul razi, SpB
Dokter Spesialis Bedah
Selamat pagi dok, bila luka laseratum atau ekskoriatum yg kontaminasi kotor dengan rencana akan di wound toilet atau debridement dan luka dengan rencana di jahit sebaik nya dilakukan desinfeksi di area sekitar dan di berikan anastesi lokal injeksi dengan lidocain. Agar wound toilet/ debridement maksimal dan pasien tidak nyeri. 
22 November 2019, 10:52
Pada umumnya menggunakan anestesi lokal lidocain dok, bisa 2 ampul jika areanya luas.. Namun kadang pasien pun takut nyeri saat dilakukan injeksi obat anestesi.. Bisa dicoba dengan mengalihkan rasa nyeri pasien dengan rangsangan lain. Sebagai contoh, pasien diberikan es batu atau botol air dingin pada area sekitar luka (bukan pada luka) sehingga pasien tidak terlalu merespon nyeri pada luka maupun nyeri saat dilakukan injeksi anestesi..