Bagaimana cara untuk membedakan side effects dan adverse reactions - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, mohon pencerahannya terkait perbedaan antara side effects dan adverse reactions serta cara membedakan keduanya.Terimakasih sebelumnya.

Diskusi Dokter

30 November 2020, 22:53
Alo dokter , wah menarik sekali bahasan ini dok .. memang benar agak sulit membedakan keduanya , karena keduanya ya hampir hampir mirip , bahkan sangat mirip ..
IMHO , side effects atau efek samping itu bisa dialami oleh  semua pasien , dalam dosis terapi , dan bisa diramalkan .. Contohnya , keluhan mual muntah pasca diinjeksi ketorolac IV ..
Adverse reaction (sepertinya) tidak selalu akan dialami oleh pasien , dalam dosis terapi , dan tidak bisa diramalkan .. Contohnya , syok anafilaksis pasca injeksi ketorolac IV ..
Mungkin rekan sejawat lain bisa turut berdiskusi , mengkoreksi atau menambahkan ..
Terima kasih ..
01 Desember 2020, 05:54
Terimakasih atas informasinya ya Dokter ☺🙏
01 Desember 2020, 02:34

Alo, Dokter,

 

Secara umum side effect dan adverse drug reaction merupakan istilah yang sama-sama menggambarkan suatu unintended effect dari suatu pengobatan dengan dosis wajar atau normal.

 

Yang membedakannya adalah pada side effect atau efek samping, efek yang muncul umumnya berkaitan dengan kinerja obat, bisa bersifat merugikan maupun menguntungkan (tergantung penggunaan/pemanfaatannya), serta umumnya can be expected.

 

Sedangkan adverse drug reaction efeknya tidak berkaitan dengan kinerja obat, umumnya bersifat merugikan atau berbahaya, dan kerap terjadi tanpa sebab/alasan yang jelas, meski pada beberapa kasus can also be expected. 

 

Jadi sepertinya untuk membedakan keduanya, dibutuhkan peninjauan lebih dalam terkait farmakokinetik dan farmakodinamik dari suatu pengobatan. Diperhatikan pula kaitannya dengan kondisi pasien, serta interaksinya dengan pengobatan lain yang mungkin sedang dijalani pasien. 

 

Untuk gambaran yang lebih jelas, mungkin bisa dibaca di sini:

http://www.myhealth.gov.my/en/adverse-drug-reactions-vs-side-effects/

https://www.who.int/medicines/areas/quality_safety/safety_efficacy/trainingcourses/definitions.pdf?ua=1

 

 

CMIIW

 

01 Desember 2020, 06:33
Terimakasih atas infonya ya Dokter.