Obat sirup yang sudah dibuka sebaiknya sampai berapa lama kah dapat disimpan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya, berapa lama masa simpan obat sirup yang sudah dibuka spt obat paracetamol atau obat lain spt obat golongan dekongestan atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Obat sirup yang sudah dibuka sebaiknya sampai berapa lama kah dapat disimpan

    06 Desember 2020, 09:37

    Alo Dokter, izin bertanya, berapa lama masa simpan obat sirup yang sudah dibuka spt obat paracetamol atau obat lain spt obat golongan dekongestan atau antihistamin? Dan sebaiknya obat disimpan di ruang biasa atau di kulkas ya Dokter? Terimakasih sebelumnya.

06 Desember 2020, 15:15
Izin memberikan jawaban, dok.
Obat sirup berbeda dengan obat tablet / kapsul. Obat sirup yang belum digunakan dapat disimpan dan dipakai hingga masa expired yang tertera pada kemasan. Namun obat sirup yang sudah dibuka segelnya memiliki masa pakai yang berbeda-beda. Pada umumnya obat sirup yang sudah dibuka / dipakai bisa digunakan kembali maksimal 1 bulan setelah kemasan dibuka dengan catatan cara penyimpanan baik dan benar serta obat tidak mengalami perubahan warna, bau, ataupun tekstur. Namun untuk sirup antibiotik, masa pakai lebih pendek berkisar antara 1-2 minggu setelah dibuka.
Cara penyimpanan obat sirup yaitu:

Tulis tanggal berapa obat dibuka / dipakai pertama kali pada kardus / botol obat.

Simpan pada suhu ruangan (25-30 derajat celcius), beberapa obat sirup mungkin perlu disimpan di lemari es.

Jangan menyimpan obat sirup di dalam frezer.

Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Tempatkan obat pada wadah khusus.

Simpan obat di tempat kering dan terlindung dari sinar matahari.

Tutup botol sirup dengan rapat.

Baca petunjuk cara penyimpanan obat yang tertera di kemasan / brosur kemasan.

Obat sirup paracetamol adalah obat penurun demam. Obat tersebut sebaiknya disimpan di suhu ruangan dan di tempat yang kering serta terlindung dari sinar matahari. Obat penurun demam tersebut hanya boleh digunakan maksimal 1 bulan setelah segel dibuka dengan catatan tidak ada perubahan warna, bau, ataupun tekstur obat. Apabila sudah lebih dari 1 bulan, buang obat tersebut dan jangan digunakan kembali. Berikut ulasan nya, dok. Mungkin ada dokter spesialis anak yang bisa lebih menjelaskan. Terima kasih, dok.
06 Desember 2020, 15:30
Baik Dokter, terimakasih banyak atas informasinya ya.
10 Desember 2020, 15:49

Alo Dokter,

Untuk obat sirup biasanya boleh dikonsumsi lagi setelah 2-4 minggu pasca dibuka dok, tapi jika jenisnya antibiotik baiknya langsung dibuang setelah selesai digunakan dan biasanya tdk boleh digunakan lebih dari 7 hari (terutama yg model dry syrup). Tapi perlu dilihat juga dok penampakan obatnya, jika obatnya sudah bergumpal, berubah warna atau berbau sebaiknya jangan digunakan krn mgkn obat sudah rusak akobat penyimpanan obat tdk baik.

Mengenai penyimpanan, rata-rata baiknya disimpan dalam suhu ruang dan tidak terkena matahari langsung dok. Biasanya ada cara penyimpanan yang tertera di label/kemasan obat jika obat perlu perlakuan khusus.

10 Desember 2020, 19:59
Setuju dok antibiotik yg sirup hanya 7 hari setelahdibuka