Makanan pasien diabetes mellitus pada Lebaran - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Wiji, SpGK,Sebaiknya edukasi seperti apa yang bisa diberikan untuk pasien DM supaya saat lebaran nanti tidak makan berlebihan dan gula darahnya tetap...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Makanan pasien diabetes mellitus pada Lebaran - Gizi Klinik Ask the Expert

    12 April 2022, 15:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. Wiji, SpGK,

    Sebaiknya edukasi seperti apa yang bisa diberikan untuk pasien DM supaya saat lebaran nanti tidak makan berlebihan dan gula darahnya tetap terkontrol? Apakah ada alternatif atau pilihan hidangan khas lebaran yang lebih sehat, Dok? 

    Terimakasih!

12 April 2022, 15:42
dr.Wiji Lestari
dr.Wiji Lestari
Dokter Spesialis Gizi
Betul sekali pasien DM harus diwanti-wanti saat lebaran karena pastinya pilihan makanan menjadi sangat beragam dan waktu makan bisa menjadi lebih sering. Penting untuk mengedukasi pasien DM agar tetap mengikuti jadwal serta porsi makan seperti pada hari biasa.
Pasien DM tetap dapat menikmati makanan khas lebaran, hanya saja perhatikan porsi/jumlahnya. Perhatikan juga makanan- makanan pengganti/ sekelompoknya, dalam hal ini yang paling penting adalah karbohidrat. Misalnya bila ingin mengonsumsi ketupat, jangan lagi makan nasi. Atau bila ingin makan kue-kue kering lebaran pilihlah salahsatu dari sekian banyak jenis, dan tetap perhatikan jumlahnya. Hindari mengonsumsi makanan/minuman dengan gula tambahan yang sering sekali tersedia saat lebaran. Bila tetap ingin, bisa menggunakan gula khusus diabet. Jangan lupa mengonsumsi obat DM yang telah rutin diminum.