Penyebab luka bakar tak kunjung sembuh, slough atau infeksi? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam dokter2 teman sejawat, izin mendiskusikan salah satu pasien, perempuan, 55th, dengan Dx luka bakar grade 2 (nyeri,bula) sejak 2 bulan. Keluhan...

Diskusi Dokter

  • Penyebab luka bakar tak kunjung sembuh, slough atau infeksi?

  • Selamat malam dokter2 teman sejawat, izin mendiskusikan salah satu pasien, perempuan, 55th, dengan Dx luka bakar grade 2 (nyeri,bula) sejak 2 bulan.



    Keluhan : 2 bulan yang lalu jatuh dari motor, betis kaki kanan tertimpa mesin motor yang sangat panas sehingga kulit terbentuk bula, bula pecah dan sepertinya terdapat infeksi sekunder..



    1 bulan telat diterapi.. Lalu baru 1 bulan terakhir ini dibawa berobat ke spesialis kulit.



    Pengobatan selama 1 bulan di spesialis kulit mendapat terapi2 salep racikan, antibiotik yg diganti2 selama 1 bulan + anti nyeri.. 1 bulan ini progres seperti pada gambar.


    riwayat obat2 nya tidak saya ketahui karena obat semua yg diberikan racikan dan obat oral diecer tanpa label dalam plastik zip




    Izin berdiskusi dan bertanya menurut TS sekalian bagaimana perkembangan follow up pasien ini dari gambar tersebut? Apakah ini (menurut saya) malah tumbuh jaringan slough yg harusnya dibersihkan dan dirawat di wound care poli bedah? Atau tetap dikontrol ke divisi kulit? (sudah pengobatan di divisi kulit selama 1 bulan dengan perkembangan seperti ini)



    Terimakasih TS, mohon bantuannya

      dr.Bedry Qintha
    Moderator
    halo dok!
    dari cerita dokter, saya menangkap sepertinya pasien datang untuk meminta second opinion ya?

    kalo melihat dari ceritanya, setelah terapi selama 1 bulan, apabila wound healing baik seharusnya luas luka mengecil kurleb 20-30 mm dari seluruh tepi luka dalam 1bulan terakhir. apakah pada pasien ini luas luka membaik dok? kalo memang tidak ada perubahan luas luka, kemungkinan memang itu jaringan non-viable dok.. bisa jadi memang betul slough.

    saya juga penasaran dengan foto yang sekarang, apakah itu difoto setelah sempat dibersihkan dulu (misal dengan kassa+NaCl) atau baru buka kassa langsung difoto? karena takut juga mengatakan itu slough dok, eh taunya hanya bekas olesan salep.
    menurut hemat saya, kalau memang benar pasien datang untuk second opinion, sebaiknya dokter memastikan betul sebelum merujuk pasien ke bedah supaya tidak tjd kesalahpahaman thd tatalaksana SpKK yang menangani sebelumnya.

    sebetulnya luka pasien baru 2 bulan jadi secara definisi blum bisa dibilang chronic wound sih yaa.. tapi saya tetep ijin share link guideline tatalaksana chronic wound untuk pembelajaran bersama yah dok.. 😊
    https://www.nice.org.uk/advice/esmpb2/chapter/Key-points-from-the-evidence
    halo dokter,
    Dari anamnesis berarti kira2 total Luka ini Sudah 3 Bulan ya dok.. Coba anamnesis untuk kemungkinan penyebab lambatnya proses penyebab, apa sudah ditanyakan riwayat diabetes?

    dr.Dyah Ayu Savitri,SpKK
    Jun 10, 2018 at 02:18 AM

    halo dokter,
    Dari anamnesis berarti kira2 total Luka ini Sudah 3 Bulan ya dok.. Coba anamnesis untuk kemungkinan penyebab lambatnya proses penyebab, apa sudah ditanyakan riwayat diabetes?

    Halo dok..
    Dari tampilan gambar, itu adalah jaringan nekrotik, dan sebaiknya dilakukan debridement segera guna memfasilitasi penyembuhan kuka sekunder. Saran: konsultasi segera ke dokter bedah/bedah plastik.
    Semoga bermanfaat!

    Terimakasih banyak dokter semuanya 😊🙏
    riwayat diabetesnya gimana dok? diabetes sendiri mempengaruhi proses penyembuhan luka, jika tidak ada diabetes apakah pasien mengalami gangguan vaskuler? bagaimana dengan antibiotik yg digunakan? perlu uji sensitivitas antibiotik yg pas untuk luka tersebut,.

    halo dokter,

    dari anamnesis awal, sebaiknya pasien ini dirujuk ke dokter spesialis bedah plastik yang memang berkompeten dalam menangani luka bakar, dari keluhannya sepertinya luka bakar grade 2, biasanya luka bakar jenis ini akan sembuh dalam waktu 2 minggu jika terapi awalnya benar, terlepas ada atau tidaknya komplikasi DM dan gangguan vaskular. jika sudah lewat dari 1 bulan dengan kondisi seperti di foto itu sudah menjadi luka kronik. saran saya segera rujuk untuk perawatan luka ke poli bedah plastik atau jika tidak ada bisa ke poli bedah umum. atau jika tidak ada juga bisa dilakukan debridement luka atau  dirawat secara moist dengan duoderm gel kemudian ditutup dengan transparent dressing dan ditutup kasa diatas transparant dressingnya, rawat setiap 5 hari sampai tumbuh jaringan granulasi

    demikian semoga dapat membantu

    terimakasih