Loperamide untuk pasien bayi < 1 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, adakah yang pernah membaca literatur tentang menggunakan loperamide untuk bayi kurang dari 1 tahun dengan dosis minimal (misalnya 0,25 atau 0,5...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Loperamide untuk pasien bayi < 1 tahun

    29 April 2022, 16:52
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, adakah yang pernah membaca literatur tentang menggunakan loperamide untuk bayi kurang dari 1 tahun dengan dosis minimal (misalnya 0,25 atau 0,5 mg sekali pemberian 1x per hari pada watery diarrhea yang lebih dari 10x/hari? Beberapa literatur kontraindikasi dengan hal tersebut karena bisa menyebabkan ileus dan depresi napas.

    Reaksi tersebut apakah setelah beberapa kali pemberian? Akut ataukah kronik? Terimakasih TS 🙏

29 April 2022, 17:44
Saya tdk berikan inamid
29 April 2022, 18:08
Kalaiu saya sendiri tidak pernah merekomendasi loperamide. Bila bayi dibawah 1 tahun mencret dok. Biasanya bila keadaan umum baik di buat puyer saja sesuai symptom, dan di salah satu puyer yang di buat ada juga zinc. Silahkan klik link dibawah ya dok, mungkin membantu:Manfaat Zinc Pada Diare Balita
Loperamide
Kontraindikasi dan Peringatan Loperamide
Bila ada dokter yang lain punya ilmu terbaru boleh di share sehubungan pemakaian loperamide pada bayi dibawah 1 tahun, Terima kasih
29 April 2022, 21:17
Alo dokter, dalam tatalaksana diare pada anak, tidak ada rekomendasi pemberian loperamide.Tatalaksana diare pada anak mencakup 5 lintas diare yaitu:
1. Rehidrasi sesuai derajat dehidrasinya
2. Penggunaan antibiotik selektif, harus sesuai indikasi
3. Melanjutkan pemberian makan/minum.
4. Pemberian zink selama 10-14 hari
5. Edukasi orangtua.Semoga membantu.
30 April 2022, 20:14
Alo Dok, ijin nimbrung berdiskusi. Secara EBM, memang sudah terbukti bermanfaat ya dok. Namun pada prakteknya, sering sekali ditemukan anak muntah setelah pemberian zinc. Pada kasus seperti ini, apakah lebih bijak untuk meneruskan zinc dengan memberikan ekstra obat muntah atau lebih bijak untuk stop saja pemberian zinc nya dok?Terimakasih.
30 April 2022, 20:16
Mohon maaf terlewat, maksud saya yang bermanfaat secara EBM itu Zinc, bukan loperamid dok. Sekiranya mungkin ada trik tertentu dok terkait pemberian zinc pada anak yang muntah.
01 Mei 2022, 08:19
Alo dokter Sita, pemberian zinc memang dapat membuat anak muntah karena rasa metalik dan membuat tidak nyaman di lambung.Telah dilakukan studi RCT yg dipublikasi th 2020 terkait hal ini dan disimpulkan bahwa pemberian zink dengan dosis lebih rendah dapat mengurangi efek muntah pada anak dan memiliki efikasi yang tidak lebih inferior dibandingkan zink dengan dosis rekomendasi WHO.RCT zink dengan dosis lebih rendahNamun, hingga saat ini belum ada rekomendasi terbaru dari WHO terkait perubahan dosis zink pada anak diare.Pemberian antimuntah bisa diberikan jika perlu (anak muntah2 dan rehidrasi per oral tidak bisa masuk) untuk mencegah perburukan derajat dehidrasi.Pemberian zink paling efektif saat lambung kosong. Namun, bila sulit ditolerir maka untuk mengurangi efek muntah, pemberian zink bisa diberikan bersamaan/sesaat sebelum pemberian makan/asi/sufor. Saat ini juga bisa memilih sediaan zink sirup dengan rasa yg lebih bisa ditolerir anak.Semoga membantu
30 April 2022, 20:33
dr.Noldy Octovianus,Sp.A
dr.Noldy Octovianus,Sp.A
Dokter Spesialis Anak
Alo dok, Baik dokter loperamid adalah golongan obat agonis opiat sintetik  yang dapat mengaktifkan reseptor pasa pleksus misenterik usus besar,sehingga menghambat pelepasan asetilkolin sehingga terjadi relaksasi otot saluran cerna. Selain itu bekerja memperlambat gerakan usus dan membuat feces jadi lebih padat. Tetapi tidak menyembuhkan sebab yg mendasari diare. Hanya bersifat mengurangi penyebab mekaniknya. Disarankan penggunaanya untuk anak usia > 2 tahun karena ditakutkan efek sampingnya menyebabkan palpitasi, perut kembung, sembelit.
Untuk efek ileus ada beberapa sumber mengatak bisa terjadi, tetapi biasanya penggunaan yang kronis, bukan penggunaan pertama kali.


Terima kasiha