Krim untuk bekas luka bakar akibat minyak panas - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, ijin konsul, wanita 31 tahun dengan keluhan bekas luka bakar menghitam dan mengeras. Luka bakar akibat minyak panas, sudah 10 hari yang lalu....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Krim untuk bekas luka bakar akibat minyak panas

    Dibalas 14 Maret 2024, 08:46

    Alo Dokter, ijin konsul, wanita 31 tahun dengan keluhan bekas luka bakar menghitam dan mengeras. Luka bakar akibat minyak panas, sudah 10 hari yang lalu. Awalnya muncul gelembung isi air yang nyeri, pasien obati sendiri menggunakan bioplasenton dan ditutup/ditempel plester duoderm selama 5 hari, setelah dibuka, gelembung sudah kempes tapi kulit menghitam dan mengeras. Rasa nyeri/gatal -.

    Tampakan lesi seperti di foto (foto tidak begitu jelas­čÖĆ­čĆ╗), nampak┬álesi hiperpigmentasi batas tegas,┬áukuran sesuai foto, saat disentuh teraba kulit yang tebal yang menempel kuat dengan jaringan di bawahnya (tidak mudah terkelupas), nyeri tekan -, tanda infeksi/inflamasi -, kulit sekitar lesi dalam batas normal.

    Mohon asupan, selain edukasi mengenai proses penyembuhan luka seiring waktu apakah perlu diberikan krim? Dan krim apa yg direkomendasikan?

    Terimakasih­čÖĆ

14 Maret 2024, 07:21
dr. Gabriela
dr. Gabriela
Dokter Umum

ALO Dokter, apakah permukaan kulit kering? Mungkin bisa diberikan pelembab, Dok. Untuk lesi hiperpigmentasi ini (kalau saya lihatnya sudah seperti jaringan parut), mungkin untuk pigmentasi menjadi sama dengan warna kulit sekitarnya akan butuh waktu ya. Saya kurang tahu, apakah ada krim topikal lain yang digunakan untuk kasus seperti ini. Mohon advicenya dari TS lain. 

14 Maret 2024, 08:46
Betul dok, permukaan lesi kering. Terimakasih masukkannya🙏