Konsul pasien dengan diagnosis suspek spondilits TB. - Diskusi Dokter

general_alomedika

AlodokterSelamat siang sejawat. Sebelum saya menceritakan keluhan pasien. Saya ingin memberitahu bahwa pasien ini adalah teman dekat saya yang sementara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul pasien dengan diagnosis suspek spondilits TB.

    19 Mei 2019, 12:22

    Alodokter

    Selamat siang sejawat. Sebelum saya menceritakan keluhan pasien. Saya ingin memberitahu bahwa pasien ini adalah teman dekat saya yang sementara terbaring di rumah sakit sudah cukup lama sehingga menyebabkan kegiatan studi pendidikan kedokterannya terhambat.

    Pasien laki2, usia 24 tahun datang dengan keluhan mudah lelah, dialami sejak 4 tahun yang lalu. Pasien secara subjektif merasakan demam dan terkadang mengalami gejala BPPV (Riw. Penyakit dialami sejak 6 tahun yang lalu). Anehnya pada pemeriksaan suhu pasien, suhunya tidak pernah masuk kategori Febris, hanya berkisar di angka 36,5 C, keluhan disertai dengan sering gemetar, menggigil, tangan dan kaki sering basah, akral dingin, tulang2 dirasakan nyeri, khususnya tulang belakang. Status Gizi: pasien tergolong obes 1.

    Pada pemeriksaan lab. Leukosit sering kali naik tapi tidak pernah mencapai angka normal meskipun telah diterapi oleh berbagai macam antibiotik IV.

    Dalam satu bulan terakhir, pasien telah masuk RS sebanyak 4x. Hasil Leukosit: 

    - Leukosit (1): 12rb.

    - Leukosit (2): 13rb.

    - Leukosit (3): 14.600 tp d rawat 1 minggu turun jd 11 rb.

    - Leukosit (4) : naik jd 12rb-an d rawat 1 minggu malah naik 13.500 (disini pasien sudah mendapatkan berbagai macam terapi antibiotik IV. Menurut penuturan pasien, setidaknya ada 10 macam Ab IV).

    Pasien sekarang telah keluar dari rumah sakit namun tidak ada perbaikan yang berarti. Terapi saat ini: myonal,arcoxia, dan rifastar

    Diagnosis sementara dari dokter interna adalah Suspek Spondilits Tb Dd/ Generalized anxiety. Telah dikonfirmasi ke dokter Orthopedi, namun dokter Orthopedi mengatakan bahwa kasus ini bukanlah kasus spondilits Tb. Diagnosis dari Orthopedi adalah fraktur kompresi minimal (Hasil MRI)

    *Beberapa hasil pemeriksaan penunjang terlampir.

19 Mei 2019, 12:23
Lanjutan lampiran penunjang lainnya:
19 Mei 2019, 12:28
Lanjutan hasil penunjang:
19 Mei 2019, 12:29
Edit ts:

*Bukan 10 macam antibiotik. Namun 10 botol  antibiotik drips telah masuk.
20 Mei 2019, 06:34

Alo dokter!

Kasusnya cukup kompleks yaa dok. Kalo saya boleh bertanya sedikit, apakah dokter mengetahui mengapa pasien dicurigai mengalami spondilitis TB? Apakah karena nyeri tulang belakang? Kalau melihat keluhan utama pasien (demam dengan BPPV), apakah sebelumnya sudah pernah dilakukan analisis cairan serebrospinal atau CT Scan kepala? Lalu, untuk leukositosisnya apakah sudah pernah dilakukan apusan darah tepi dok?

Mohon maaf kalo malah bertanya balik yaa dok... Berikut saya lampirkan pedoman AFP untuk evaluasi pasien dengan leukositosis : https://www.aafp.org/afp/2015/1201/p1004.html

Kasusnya sangat menarik sekali, semoga nanti ada sejawat Interna yang bisa memberi insight lebih komprehensif.

20 Mei 2019, 11:34
Baik dokter. Terima kasih atas responnya.

Benar dok, spondilits Tb mengerucut sebagai bagian dari gejala utama pasien yaitu nyeri tulang belakang. Sebelumnya memang pasien memiliki riwayat BPPV yang sering kambuh.

Sudah CT Scan dok. Namun hasilnya normal. Belum melakukan analisa cairan serebrospinal dan apusan darah tepi.
20 Mei 2019, 11:49
Ternyata ada hasil adt nya dok. Berikut lampirannya.