apakah ada pantangan makan pada kista ovarium? - Diskusi Dokter

general_alomedika

slamat siang dokter-dokter. makanan yang di larang bagi penderita kista ovarium itu apa ya?trimakasih bagi yang menjawab dan merespon. salam persatuan dokter...

Diskusi Dokter

15 Juni 2018, 17:20

Dear Doc, 

Saya baru ketemu satu jurnal yang mengasosiasikan antara konsumsi daging sapi dan produk keju dengan kejadian kista ovarium jinak (seromucinous type) dan efek protektif dari konsumsi tinggi sayur-sayuran hijau terhadap kista ovarium (selengkapnya Diet and risk of cyst

Sementara dari satu sumber lainnya mengatakan kalau pada kasus kista ovarium polikistik (PCOs), kemungkinan ada hubungannya dengan obesitas dan resistensi insulin (walau pun belum dapat dijelaskan secara rinci) oleh karena itu disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang "berkontribusi" terhadap resistensi insulin tersebut misalkan karbohidrat olahan (produk olahan tepung terigu seperti roti, pastry, muffin dan sejenisnya)

Semoga membantu

15 Juni 2018, 18:44
dr.yemima
dr.yemima
Dokter Specialis Psikiater
terimakasih infonya. menurut anda apakah kista ovarium 8 cm berbahaya?
15 Juni 2018, 20:45

dr.yemima
Jun 15, 2018 at 18:44 PM

terimakasih infonya. menurut anda apakah kista ovarium 8 cm berbahaya?

Kebanyakan dari kista ovarium itu tidak berbahaya (fungsional) hanya 4-10% saja yg bisa memyebabkan PCOS.
Pada kista yg berukuran >6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil setelah 2-3 siklus menstruasi, maka bisa dipertimbangkan untuk dilakukan terapi pembedahan.

Setahu saya seperti itu dok, mungkin kalo ada tambahan bisa dikoreksi kembali.
Semoga membantu πŸ™πŸ™

16 Juni 2018, 09:40
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

 

Untuk klarifikasi, PCOS sering kali kita samakan dengan kista ovarium polikistik padahal PCOS sendiri merupakan gangguan endokrin berupa gangguan produksi dan metabolisme androgen dan belum tentu disertai dengan adanya kista polikistik. Etiologi PCOS sendiri belum diketahui secara pasti jadi kalau dibilang kista ovarium 4-10%nya bisa menyebabkan PCOS tentunya tidak tepat. Selengkapnya silahkan lihat di etiologi PCOS.

Untuk penanganan kista ovarium sendiri, sudah benar bahwa kebanyakan kista tidak membutuhkan penanganan. Tentunya pertimbangan apakah kista tersebut berbahaya atau tidak, tidak hanya ditentukan dari ukuran kista tapi juga dari faktor risiko seperti riwayat keganasan pada pasien dan keluarga, dan apakah kista tersebut simtomatik atau asimtomatik.