Keamanan Dan Efikasi Sputnik V, Vaksin COVID-19 yang Berbasis Vektor RAd26 Dan RAd5 - Artikel Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Saat ini, berbagai vaksin COVID-19 sedang dikembangkan guna mengatasi pandemi COVID-19. Sputnik V atau Gam-COVID-Vac merupakan vaksin vektor...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan Dan Efikasi Sputnik V, Vaksin COVID-19 yang Berbasis Vektor RAd26 Dan RAd5 - Artikel Alomedika

    06 April 2021, 14:54

    ALO, Dokter!

    Saat ini, berbagai vaksin COVID-19 sedang dikembangkan guna mengatasi pandemi COVID-19. Sputnik V atau Gam-COVID-Vac merupakan vaksin vektor kombinasi berbasis rekombinan adenovirus tipe 26 (rAd26) dan rekombinan adenovirus tipe 5 (rAd5).

    Kedua rekombinan tersebut membawa glikoprotein S SARS-CoV-2 dengan struktur yang lengkap (rAd26-S dan rAd5-S). Vaksin ini diberikan secara intramuskuler dalam dua kali pemberian dengan interval 21 hari. Hasil uji klinis fase 1/2 telah menunjukkan bahwa vaksin dapat ditolerir dan amat imunogenik, baik untuk respons imun humoral maupun seluler pada partisipan sehat.

    Penelitian ini merupakan uji klinis fase 3 alokasi acak, buta ganda, dan terkontrol plasebo yang dilakukan pada multisenter (25 rumah sakit dan poliklinik) di Moskow, Rusia.

    Hasil analisis interim uji klinis fase 3 Sputnik V menunjukkan bahwa efikasinya terhadap COVID-19 adalah sebesar 91,6% dan dapat ditolerir dengan baik pada kohort besar. 

    Simak lebih lanjut mengenai kelebihan dan limitasi penelitian ini serta aplikasinya di Indonesia melalui artikel telaah jurnal Alomedika berikut ini:

    https://www.alomedika.com/keamanan-dan-efikasi-vaksin-covid-heterolog-sputnik-v

    Update terus mengenai informasi seputar vaksin COVID-19 di Alomedika. 

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman. Salam Alomedika!

06 April 2021, 15:03

Alo dr.Ciho, terima kasih dok atas sharingnya 😊🙏🏻